Enggak Usah Beli, Trik Ini Jadikan Jeans Tampil Baru

Tren Boyfriend Jeans
Sumber :
  • trend-kid.com

VIVA – Jeans menjadi barang ‘wajib’ yang pasti dimiliki oleh hampir semua orang. Tak hanya nyaman, jeans juga mudah dipadupadan dengan fashion item lain untuk segala kesempatan. Dari formal hingga kasual, jeans juaranya.

5 Model Celana Jeans Trendy Kekinian

Sayangnya, ada beberapa hal yang membuat jeans kesayangan cepat rusak, warna memudar, hingga masalah bau tak sedap.

Dilansir dari Bright Side, berikut ini tujuh trik yang bisa dicoba untuk membuat jeans tampak baru.

Pakai Ripped Jeans, Gadis Ini Malah Dikira sedang Mengemis

Hilangkan bau tanpa dicuci

Mengenakan jeans dalam segala cuaca, bisa membuat beragam aroma muncul. Untuk mengatasi hal ini, yang perlu dilakukan hanya lipat jeans, letakkan dalam kantong plastik berperekat, lalu masukkan ke dalam freezer semalaman.

Trik Agar Kulit Tak Belang Saat Tampil dengan Jeans Robek

Cegah warna luntur

Setiap kali membeli celana jeans baru dan mencucinya, meski hanya sedikit, pasti ada warna yang luntur. Ada cara mudah untuk mencegahnya, yaitu dengan menggunakan garam. Campur garam dan air dengan perbandingan sama, kemudian cuci jeans dengan air garam tersebut.

Awet dipakai

Setelah cukup lama dipakai, jeans akan mulai memudar warnanya. Untuk menjaga jeans tetap terlihat baru, yang perlu dilakukan cukup mudah. Setrika jeans sesaat setelah keluar dari mesin pengering. Cara ini akan membuat jeans tetap terlihat lebih baru dalam waktu lama.

Tak berkerut

Tekstur pakaian bisa rusak setelah dicuci, salah satunya jadi berkerut. Jeans termasuk bahan yang mudah berkerut setelah dicuci. Jika menghadapi masalah ini, ingat untuk meletakkan es batu di dalam mesin pengering saat akan mengeringkan jeans.

Efek sobek

Ada cara mudah untuk menciptakan efek ripped dari jeans lama. Caranya dengan membuat lubang di sisi depan celana jeans dengan gunting, pisau atau alat lainnya. Letakkan kayu di belakangnya agar bagian belakang jeans tidak ikut terpotong.

Efek compang camping bisa didapat dengan parutan keju. Sebaiknya, jangan membuat lubang di bagian lutut, karena robekan akan semakin luas ketika berjalan atau berlutut.

Efek pudar

Jeans dengan efek wash out memang keren. Anda bisa mendapat efek belel dengan mencampur perasan lemon ke dalam air, kemudian celupkan jeans ke dalamnya. Biarkan jeans direndam selama beberapa jam. Pastikan untuk memeriksa selama beberapa waktu untuk melihat sejauh mana pudar yang diinginkan.

Saat sudah mendapat hasil yang diinginkan, bilas dengan air mengalir kemudian gantung untuk mengeringkan di bawah matahari. Kalau belum merasa puas, ulangi prosesnya hingga mendapat hasil yang diinginkan.

Menambah ukuran

Membuat ukuran satu tingkat lebih besar juga bisa dilakukan dengan mudah. Pertama, tentukan wilayah yang ingin dilonggarkan seperti pinggang, paha atas atau pinggul. Kemudian semprot area tersebut dengan air hangat. Untuk melonggarkan bagian pinggang, berdiri dari satu sisi jeans dengan kedua kaki di bagian kantong, sambil menarik ke sisi lainnya dengan kedua tangan.

Jika ingin membuat jeans lebih panjang, berdiri di atas bagian lutut lalu tarik ke atas dengan kedua tangan.

Metode lainnya adalah dengan menggunakan jeans dan duduk di bak penuh air hangat, selama 15 menit. Lakukan peregangan dan beri tekanan di area yang ingin dibuat lebih besar, sambil menarik bagian tersebut setidaknya 10 menit. Setelah mendapat hasil yang diinginkan, saat jeans setengah kering, lepaskan jeans dan keringkan di bawah sinar matahari. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya