Tips Anti Pegal Saat Lebaran, Termasuk Hindari Sepatu Datar

Ilustrasi kaki wanita
Sumber :
  • Pixabay/Greyerbaby

VIVA – Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Seluruh umat Muslim di seluruh dunia pasti merayakannya dengan suka cita dan menjadikannya sebagai momen berkumpul bersama keluarga.

Awas, Sering Pakai High Heels Picu Varises di Kaki

Berkeliling ke rumah sanak keluarga saat Lebaran, sudah jadi tradisi bagi umat Muslim, khususnya di Tanah Air. Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi dari RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Dr. Siti Anissa Nuhonni, SpKFR(K) mengatakan bahwa untuk mencegah sakit pada kaki, dibutuhkan sepatu yang nyaman.

"Sebaiknya pakai sepatu yang tidak flat, karena bentuk telapak kaki itu ada sedikit lekukannya. Kalau dibuat flat, malah jadi sakit," ujar dokter Siti beberapa waktu lalu.

Sering Pakai High Heels, Bahaya Osteoporosis Mengintai

Menurutnya, butuh sepatu dengan sedikit hak yang tidak terlalu tinggi, namun memberi bentuk sesuai telapak kaki. Ia mengatakan, sebaiknya pilih sepatu dengan tinggi hak mencapai hingga tiga sentimeter.

"Karena di situ sudah terbentuk lekukan telapak kaki yang pas," jelasnya.

Wanita Jepang Tuntut Penghapusan Syarat Bersepatu Hak Tinggi ke Kantor

Adapun jika terdapat bengkak pada kaki akibat terlalu lama dipakai berjalan, khususnya pada kelompok lanjut usia, ia menyarankan untuk sering memberikan perawatan yang tepat. Salah satunya dengan sering meninggikan kaki saat sedang tidur.

"Pada lanjut usia biasa karena aliran darah sudah tidak bagus jadi gampang bengkak. Obati dengan kaki ditinggikan saat tiduran, agar lebih tinggi dari jantung. Lalu gerakkan telapak kaki ke atas dan bawah," tuturnya.

Transportasi umum di masa pandemi COVID-19

Lama Berdiri di Transportasi Umum, Deret Bahaya Ini Mengintai

Di jam-jam sibuk, ruang di transportasi umum terasa padat dan mengharuskan berdiri selama beberapa menit hingga jam.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2023