Lima Cara Alami Cerahkan Siku dan Lutut Hitam

Ilustrasi kaki.
Sumber :
  • pixabay/Olivera Comunicacao

VIVA – Area tubuh seperti siku lengan dan lutut biasanya menjadi area yang paling jarang diperhatikan. Padahal biasanya bagian lutut dan siku lengan ini cenderung berwarna lebih gelap dari bagian lainnya apalagi jika tak terawat. Hal ini juga yang sering membuat orang kurang percaya diri. 

Tiga Buah Ini Bisa Cerahkan Kulit Siku dan Lutut Anda

Penyebab warna gelap di bagian lutut, dan siku bisa terjadi karena sering terpapar matahari dan ketidakseimbangan hormon. Sel kulit mati karena minimnya kandungan kelenjar minyak pada daerah tersebut juga cenderung membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah menghitam.

Untuk mengatasinya ada dua cara. Beberapa orang akan datang ke salon kecantikan dan menghilangkannya menggunakan laser atau bahan kimia, padahal ada cara  alami. Dilansir laman Bright Side, berikut ini tips menghilangkan warna gelap di bagian siku dan lutut dengan cara alami.

Cerahkan Kulit Lutut dan Siku dengan Tujuh Bahan Alami Ini

Ketimun

Buah ini dianggap paling efektif untuk menghilangkan warna gelap di lutut dan siku. Selain menghilangkan sel kulit mati ketimun juga membantu menjaga melembapkan kulit. Caranya adalah gosokkan irisan timun di bagian siku atau lutut selama 15 menit. Biarkan selama 5 menit baru bilas dengan air dingin. 

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Kentang

Kandungan enzim catecholase yang bisa mencerahkan warna kulit. Penggunaan secara rutin bisa membantu melembutkan dan menghilangkan area gelap. Caranya, parut kentang, peras airnya, aplikasikan pada kulit. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air, dan terakhir oleskan pelembap. 

Kunyit

Kunyit merupakan bahan paling alami untuk menghilangkan kulit mati di bagian lutut dan siku tanpa efek samping. Caranya, campur bubuk kunyit dengan 1 sendok teh susu, aplikasikan di lutut dan siku. Pijat selama beberapa menit dan biarkan kering secara alami. Bilas dengan air hangat. 

Madu

Campur 2 sendok makan madu, setengah perasan buah lemon, dan 1 sendok teh baking soda. Oleskan campuran di bagian yang gelap, biarkan selama 20 hingga 30 menit, kemudian bilas. 

Gula dan minyak zaitun

Bahan scrub alami yang bisa dibuat sendiri ini berfungsi melembapkan, membuang sel kulit mati. Untuk membuatnya, kombinasikan jumlah yang sama antara gula dan minyak zaitun untuk membuat campuran. Aplikasikan di lutut dan siku kemudian pijat dalam gerakan melingkar selama 5 menit. Ulangi setiap minggu. Scrub ini bisa juga digunakan untuk wajah, hanya saja jangan terlalu keras saat menggosok di wajah. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya