Musnahkan Jerawat dengan Masker Rumput Laut dan Ampas Teh

Masrutam
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Memiliki kulit wajah yang sehat dan halus adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, dibanding kulit di bagian tubuh lain, kulit wajah paling sensitif. Paparan debu, polusi, dan make up kerap menimbulkan masalah jerawat pada kulit wajah.

Terbukti Manjur, Ini 13 Tips Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Kondisi tersebut tentu saja mengganggu penampilan. Mau tak mau jika ingin kulit wajah halus bebas jerawat, harus melakukan perawatan.

Sudah banyak beredar produk-produk kecantikan yang mengklaim bisa mengatasi jerawat. Namun kadang kita ragu untuk menggunakannya karena khawatir mengandung zat kimia berbahaya, seperti merkuri.

Kenali Jenis Jerawatmu dan Cara Mengatasinya

Maka itu, solusi terbaik adalah memanfaatkan bahan alam yang potensial untuk mengatasi permasalahan kulit wajah.       

Berawal dari problematika tersebut tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil membuat inovasi sebagai solusi mengatasi masalah jerawat di wajah dari bahan herbal. Mereka memanfaatkan rumput laut dan ampas teh menjadi masker wajah, yang diberi merek Masrutam, akronim dari masker rumput laut dan ampas teh.

Mudah, Cara Mengolah Bengkoang untuk Hilangkan Jerawat

Masrutam adalah hasil proyek Bintang Efrata Aprilia, Andika Fransiskayana dan Mutiara Rahmawati dengan bimbingan Prof. Nurjanah yang memperoleh pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di bidang penelitian.

Masker herbal yang dibuat dari ekstrak rumput laut (Sargassum sp.) dan ampas teh (Eucheuma cottonii) ini telah diteliti mampu untuk mencegah dan menghilangkan pertumbuhan bakteri penyebab utama jerawat, yaitu Propionibacterium acnes.

Masrutam juga mengandung senyawa aktif polifenol yang membuat rumput laut mampu bertindak sebagai antioksidan. Di samping itu, antioksidan juga ditemukan pada ampas teh.

“Kami telah menguji daya hambat Masrutam terhadap aktivitas pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu berbagai senyawa bioaktif alami yang terdapat di dalam rumput laut dan ampas teh ini mampu menjadikan Masrutam sebagai solusi masker alami yang bermanfaat untuk melembutkan kulit wajah dan kandungan antioksidan yang terdapat dalam Masrutam dipercaya mampu melindungi dari bahaya paparan sinar matahari,” ujar Bintang dikutip dari rilis yang diterima VIVA pada 5 Juli 2018.

Masrutam adalah produk masker kecantikan berbahan alami dengan harga yang ekonomis karena memanfaatkan limbah sebagai paduan bahan utamanya. Harapan ke depannya Masrutam dapat diproduksi dalam jumlah banyak dan dapat diminati di pasaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya