Di JMFW, Karya Penjahit Disabilitas Bersaing dengan Desainer

Sejumlah desainer yang berpartisipasi dalam Jakarta Modest Fashion Week 2018
Sumber :
  • VIVA/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Sebagai gelaran fashion show skala internasional, Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2018 memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas. Melalui program Dream and Design for Disabilities, para desainer mendukung komunitas tuli dan bisu untuk menunjukkan karyanya.

SOIna Dapat Dukungan 'Senjata' Baru, Atlet Disabilitas Siap Harumkan Indonesia

Sebelum ajang fesyen ini digelar, Founder Modest Fashion Week Global, Franka Soeria mengatakan bahwa dia telah mengumpulkan 20 penjahit tuli dan bisu di Indonesia. Para penjahit tersebut diberikan bekal untuk menjadi desainer profesional.

"Jadi yang selama ini kita banyak tahu kalau fesyen itu eksklusif, padahal fesyen for everybody, including disabled community. Di Indonesia ada 20 penjahit tuli dan bisu yang berhasil kita kumpulkan dan kami menyatukan mereka menjadi satu brand," ucap Franka di Jakarta, Rabu, 18 Juli 2018.

Ada 12.488 Tiket Mudik Gratis Bagi Warga Jateng Perantau di Jabodetabek, War Tiket Dibuka Hari Ini

Dia mengungkapkan, karya para penyandang disabilitas akan ditampilkan di JMFW 2018. Selain itu, hasil karya para penyandang disabilitas ini akan dijual dan dana hasil penjualan akan didonasikan untuk kegiatan sosial.

Sejumlah pihak yang mendukung Jakarta Modest Fashion Week 2018

Raditya Arief, Mahasiswa Tunanetra Lulus Cumlaude UI dengan IPK 3,85

"Akan menjadi sesuatu yang nyata mulai dari trail-nya dan fashion show-nya hingga akan dijual di JMFW 2018," tutur Franka.

Sementara itu, acara yang digelar pada 26-29 Juli 2018 di Gandaria City itu akan menghadirkan puluhan desainer dari 21 negara yang akan menampilkan karya terbaiknya, seperti Dian Pelangi, Medina Zein, Resty by Rizka, 2 Madison Avenue. Nantinya para desainer akan menampilkan lima hingga 10 looks dengan beragam tema, seperti Medina Zein yang mengambil tema Modern Warrior.

"Untuk fesyen minggu depan temanya adalah Modern Warrior. Tema itu saya ambil untuk mengapresiasi wanita, khsususnya generasi milenial," ucap Medina.

Baca juga:

Perdana di Indonesia, Desainer 21 Negara Akan Ramaikan JMFW

Koleksi yang akan ditampilkan menggunakan bahan dasar linen dan lurik yang didatangkan langsung dari Yogyakarta, dengan warna cokelat dan krem yang mendominasi. Selain desainer lokal ternama, JMFW 2018 turut mengahdirkan desainer lokal baru seperti Resty by Rizka, yang akan menampilkan look dengan warna yang lebih berani. Dia akan menampilkan koleksi Aqila, dengan bahan scuba dan warna dominan bold. Sedangkan cutting-nya simpel namun elegan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya