Ini Seragam Tim Indonesia di Asian Games 2018, Fashionable Banget Lho

Seragam atlet Indonesia di Asian Games 2018
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Isra

VIVA – Perhelatan Asiang Games 2018 tinggal menghitung hari. Selain infrastruktur, penampilan para atlet pada parade defile saat pembukaan dan penutupan Asian Games juga telah disiapkan secara matang.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) menggandeng merek busana lokal kenamaan The Executive untuk membuat desain dan memproduksi seragam defile yang akan dikenakan para atlet. Nantinya seragam tersebut berupa setelan blazer, T-shirt, dan celana panjang dengan sentuhan warna merah dan putih.

Seragam untuk atlet wanita terdiri dari T-shirt berleher V warna putih, blazer panjang double breast warna merah dan celana panjang warna putih. Sedangkan seragam untuk atlet pria, terdiri T-shirt aksen leher melingkar warna putih, blazer tangan panjang berwarna merah serta celana panjang warna putih.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Pada bagian celana yang berwarna putih diberikan aksen dua garis merah pada sisi kiri dan kanan yang terinspirasi dari warna bendera Indonesia.

General Manager Brand The Executive, Rita Zulkaidarati menjelaskan, warna merah melambangkan keberanian dan kobaran semangat. Sedangkan warna putih melambangkan pondasi kesucian dan kebersihan. Kedua warna tersebut saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa dan raga manusia untuk membangun Indonesia.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Selain itu, seragam atlet pria dilengkapi dengan aksesori berupa pocket square. Sedangkan seragam atlet wanita dilengkapi scarf atau hijab. Aksesori tersebut menggunakan motif batik parang menyerupai huruf S artistik.

Motif itu, kata Rita, merupakan simbol dari jalinan atau saling menjalin atau menjadi satu kesinambungan. Sehingga motif parang ini disebut sebagai semangat yang tak akan pernah padam dan disimbolkan sebagai semangat untuk pantang menyerah.

"Kita juga melihat rangkaian batik yang masuk ke nuansa outfit yang smart dan chic, ya, ini. Sebenarnya ada beberapa batik tetapi ini yang terbaik," kata dia saat ditemui di The Excecutive Lotte S Avenue Jakarta Selatan, Kamis, 26 Juli 2018.

Dia melanjutkan, khusus untuk pocket square, motif parang ini dipadukan dengan motif nitik yang merupakan kombinasi dari corak bunga.

Rita juga menjelaskan bahwa seragam yang akan dikenakan para atlet pada acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 ini terbuat dari bahan yang nyaman. Ini agar para atlet nyaman bergerak dan tidak kepanasan.

Untuk blazer dan celananya terbuat dari katun stretch sehingga membuat mereka mudah bergerak sementara bahan untuk kaos sendiri terbuat dari 100 persen katun.

"Ini sangat lembut dan bukan bahan yang bikin gatal, bisa menyerap keringat dengan baik," jelas Rita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya