Logo ABC

Model dan Desainer Difabel Unjuk Gigi di Panggung Mode

model
model
Sumber :
  • abc

Panggung catwalk bukan lagi milik model-model berperawakan tinggi langsing dan berkaki jenjang. Di ajang Jakarta Modest Fashion Week 2018, sekelompok perempuan difabel Indonesia memperagakan baju karya perancang yang juga difabel.

Menjadi pengalaman pertama kalinya bagi Linda, perempuan 19 tahun yang sudah lama menggunakan kursi roda, untuk berlenggak-lenggok di atas panggung catwalk. "Sempat gugup. Kami cuma sekali latihan saja pada pagi hari sebelum show-nya berlangsung," ujarnya kepada Nurina Savitri dari ABC Indonesia.

Model lainnya adalah Laura, seorang atlet renang difabel. Ia bergabung bersama 15 model lainnya yang memeragakan karya spesial di ajang Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2018 yang berlangsung akhir Juli lalu. Sebelum diajak naik ke atas catwalk, Laura merasa fashion show adalah sebuah dunia yang tak terjangkau baginya.

Laura Dinda baru pertama menjajal panggung catwalk.
Laura Dinda baru pertama menjajal panggung catwalk.

"Karena di antara teman saya, hanya mereka yang punya kemampuan finansial cukup tinggi yang mampu menjadi model maupun memiliki akses dalam dunia fashion," katanya.

Dalam pagelaran bertema "Dream and Design for Disabilities" di JMFW 2018, Laura bersama model difabel lainnya memamerkan hasil karya perancang difabel dari Indonesia, Turki, dan Jerman. Tentu saja rancangan-rancangan mereka sudah disesuaikan dengan kebutuhan para difabel perempuan.

Ingin jauhkan kesan glamor