Museum Tekstil Pamer Beragam Tenun Nusantara

Pameran Tenun Wastra Asia
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria

VIVA – Bagi para pecinta kain tenun Nusantara, kini tak perlu lagi keliling Indonesia untuk mencari kain dari berbagai daerah. Mulai dari 9 Agustus 2018 hingga 9 September 2018, beragam kain tenun Nusantara hadir dalam ajang Pameran Wastra Asia, yang bertempat di Museum Tekstil, Jakarta Barat. 

Amanda Eyklima Perkenalkan Kain Tenun Suku Baduy di Mongolia

Pameran Wastra Asia yang mengusung ’Share Roots, Diverse Growth, Celebrating Asia’s Textiles Traditions’ juga menghadirkan Torajamelo, salah satu merek tenun yang menampilkan koleksi bertajuk Menenun Cerita Indonesia.  

Dalam ajang ini, pengunjung bisa melihat beragam koleksi kain tenun karya para perempuan penenun dari Toraja dan Mamasa, SuIawesi dan Adonara dan Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Mantap, Sarung Tenun Samarinda Dibeli Hj Iriana Jokowi dan Hj Wury Ma'ruf Amin

"Kali ini kami menampilkan inovasi kain tenun dengan warna yang lebih kekinian, serta bahan yang lebih popular, sehingga kain tenun semakin digemari oleh masyarakat umum, khususnya pecinta kain tradisional," kata Pendiri Toraja Melo, Dinny Jusuf, saat ditemui di Museum Tekstil, Jakarta Barat, Jumat, 10 Agustus 2018. 

Pameran Tenun Wastra Asia

Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTT, Ivan Gunawan Hadirkan Keindahan Kain Sotis

Menurut Dini, pameran wastra seperti ini merupakan salah satu cara untuk mendidik masyarakat mengenai kekayaan kain Nusantara. Di pameran seperti ini, pengunjung bisa mengetahui proses pembuatan tenun mulai dari memilih benang sampai menjadi kain.

"Lewat pameran ini kami ingin tenun yang merupakan warisan budaya makin dikenal. Dengan begitu juga membantu mendorong perekonomian para perajin tenun di daerah," kata dia. 

Koleksi Mamuli Sumba by Ghea Panggabean.

Dipamerkan di NYFW, Koleksi Mamuli Sumba Dipersembahkan untuk Para Penenun Wanita

Koleksi menakjubkan dengan judul "MAMULI SUMBA," adalah sebuah tribut terhadap kekuatan dan ketahanan wanita-wanita penenun Sumba, yang menenun cerita dan warisan mereka.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023