Wanita Milenial Indonesia Rogoh Rp1 Juta Per Bulan Beli Kosmetik

Ilustrasi kosmetik/make-up.
Sumber :
  • Pixabay/Schweiz

VIVA – Kecanggihan dunia digital saat ini membawa kaum hawa lebih cepat mengakses segala hal. Terutama, untuk kebutuhan kecantikan mereka. Berbagai macam pilihan produk dan promosi, itulah yang membuat wanita khususnya kaum milenial tertarik.

Milenial dan Gen Z Diajak Menerapkan Gaya Hidup Ini

Hal tersebut telah dibuktikan oleh riset terbaru dari ZAP Clinic bersama MarkPlus. Penelitian tersebut bertajuk 'ZAP Beauty Index' ini dilakukan pada 17.889 responden wanita Indonesia yang berusia 18 hingga 65 tahun di berbagai wilayah dari bulan Mei-Juni 2018.

CEO dari ZAP, Fadly Sahab selaku CEO ZAP dan Yosanova Savitry selaku Head of High Tech, Property, and Consumer MarkPlus membagi hasil penelitian tersebut dalam acara Press Conference yang bertempat di Qubicle Center, Senopati, Jakarta Selatan, Senin, 20 Agustus 2018.

Ada Kabar Baik Buat Milenial dan Gen Z yang Doyan Belanja dan Peduli Penampilan

Menurut kedua nar sumber tersebut, ini merupakan survei kecantikan terbesar di seluruh Indonesia.

Kesimpulannya adalah wanita yang berusia 18-23 tahun rela merogoh kocek dalam hingga Rp1 juta per bulan untuk mendapatkan produk kecantikan. Sedangkan untuk perawatan seperti facial dan laser, generasi milenial tersebut rela membuang uangnya hingga Rp3 juta per bulan.

Survei Ungkap Ketahanan Finansial Milenial Indonesia Tertinggi Se Asia, Ada Tapinya

"Sekarang, wanita milenial beli produk kecantikan, bujetnya bisa tiga kali lipat dari bujet untuk beli produk fashion. Jadi kebanyakan lebih suka beli lipstik daripada beli baju," papar Yosanova.

Sedangkan untuk generasi X yang berusia di atas 35 tahun, dana yang dikeluarkan mencapai tiga kali lipat. Generasi X untuk memperoleh produk kecantikan saja, mereka bisa mengeluarkan uang hingga Rp3 juta per bulan.

Iklan dan promosi di berbagai media sosial menjadi faktor utama melesatnya konsumsi produk kecantikan generasi milenial. Sebanyak 73,2 persen wanita dengan cepat mencari informasi dan review pengguna produk kecantikan secara online, sebelum akhirnya mereka membeli produk tersebut.

Berikut daftar media sosial yang berperan besar atas penjualan produk kecantikan modern ini. Instagram (55 persen) diikuti oleh YouTube (41,6 persen), dan Blog (40,9 persen).

Besarnya pengaruh beauty blogger membuat Anda penasaran dan langsung membeli produk kecantikan. Namun, pengaruh teman masih lebih besar, sebesar 18,4 persen responden yang membeli produk karena rekomendasi teman, sedangkan responden yang membeli produk karena beauty blogger hanya 12,5 persen.

Sebanyak 53 persen wanita Indonesia membeli produk kecantikan di gerai resmi, lalu 44 persen di gerai farmasi ritel seperti Guardian, dan 34 persen di Supermarket. Gerai resmi menjadi pilihan terfavorit wanita.

Ada sekitar 21 persen wanita yang membeli produk kecantikan di media sosial. Sedangkan wanita yang membeli produk kecantikan melalui e-commerce jumlahnya sebanyak 27 persen.

Ke depannya, ZAP menggandeng MarkpPlus akan kembali merilis riset tentang kecantikan wanita Indonesia. "Riset berikutnya akan lebih luas dengan kategori pertanyaan yang lebih mendalam," kata Fadly.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya