Penting, Cara Mudah Memilih Kosmetik yang Aman

Ilustrasi kosmetik.
Sumber :
  • pexels

VIVA – Kosmetik selalu menjadi teman setia para wanita. Namun, memilih kosmetik tentu harus melihat sisi keamanan dalam pemakaiannya.

Viral Wajah Asli dr Richard Lee Tertangkap Kamera Wartawan: Jahat Banget Ama Gue

Salah satu cara paling mudah namun jarang dilakukan yaitu dengan membaca label secara jeli. Biasanya, kosmetik yang aman sudah memiliki nomer izin edar Badan POM RI.

"Sebelum pilih make-up, pastiin ada izin edar BPOM. Setelah itu, pastikan komposisinya aman, baru dilihat komposisinya sesuai kebutuhan kulit," ujar Make-Up Artist, Anindita, kepada VIVA, dalam pembukaan NORYUKI CLINIC GALAXY, Bekasi, beberapa waktu lalu.

BPOM Bekuk Kosmetik Ilegal, Temukan Bahan Kimia Bahaya Picu Iritasi Kulit-Cacat Janin

Selanjutnya, Anindita memaparkan agar melihat tanggal kedaluwarsa yang cukup lama, minimal riga bulan lamanya. Jika tak ada tanggal kedaluwarsa, sebaiknya tidak memilih produk make-up tersebut.

"Pilih produk yang backgroundnya, ada 3 bulan sampai tahunan kadaluwarsanya. Ada juga yang 3 bulan setelah kemasan dibuka atau dari tanggal produksi," jelasnya.

BPOM Amankan 7150 Kosmetik Ilegal Tanpa Izin Edar dan Bahan Berbahaya

Selain memilih produk yang aman secara tepat, Anindita menegaskan agar menggunakan makeup secara bijak. Menurutnya, pemakaian make-up tak akan memicu jerawat pada kulit jika dikenakan pada waktunya.

"Intinya pakai produk yang sesuai jenis kulit. Lalu, selalu membersihkan muka sebelum dan sesudah make-up dengan cleanser, toner, lalu sabun," kata dia.

Ilustrasi kosmetik

Bahaya! 10 Produk Kecantikan Beracun yang Pernah Digunakan dan Masih Dipakai 

Banyak yang menyatakan kesediaannya untuk mati demi hal itu serta banyak yang benar-benar mencari produk kecantikan untuk dapatkan hasil mumpuni untuk mengubah kulitnya .

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024