Fasilitasi Generasi Muda, Wardah Gelar Kompetisi Desainer

Ria Miranda dan Barli Asmara
Sumber :
  • Viva.co.id/Isra Berlian

VIVA – Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi kreativitas tinggi. Melihat hal tersebut, salah satu brand kosmetik kenamaan menggelar Wardah Inspiring Young Designer Competition (WIYDC).

Desainer Ria Miranda Gelar Annual Show, Angkat Modest Fashion Buatan Lokal

WIYDC merupakan program berkelanjutan ajang pencarian dan kompetisi fesyen yang diperuntukkan bagi desainer muda Indonesia. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi bakat-bakat desainer muda dalam mengembangkan ide-ide yang kreatif dan inspiratif. 

Tidak hanya berkompetisi, pada program ini Wardah juga bekerja sama dengan desainer fesyen yang juga sekaligus juri WIYDC 2018 untuk memberikan edukasi dan pendampingan selama program berjalan.

Ria Miranda Annual Show 2022, Karya Berbalut Budaya

Public Relation Manager Wardah, Elsa Maharani menjelaskan bahwa Indonesia memiliki potensi kreativitas yang dapat menjadi kekuatan ekonomi baru. Salah satu potensi tersebut adalah bakat generasi dalam menciptakan sebuah inovasi produk fesyen.

Oleh karena itu, untuk memberi ruang dan kesempatan kepada generasi muda dalam berkarya, pihaknya kembali menggelar WIYDC. Sejak diselenggarakan pertama kali pada 2016. 

Nocturnal Hours, Koleksi Terkini Barli Asmara

"Program ini merupakan inkubator dan fasilitator bagi desainer muda untuk peningkatan kemampuan, keterampilan, penciptaan sebuah karya, dan termasuk dalam memberikan pemahaman bisnis sehingga mereka siap untuk menjadi seorang fashionpreneur," kata dia di Universitas Negeri Jakarta, Jumat 7 September 2018.

Mengangkat tema ‘The Unstoppable You’, nantinya pihaknya akan menantang peserta untuk membuat karya desain yang menggambarkan perempuan yang aktif, dinamis, progresif, dan modern. Namun, tetap tampil cantik dengan kekuatan dan kepercayaan diri yang prima.

Perancang busana sekaligus juri WIYDC 2018, Barli Asmara menjelaskan bahwa program ini akan mengajak teman-teman sekolah untuk dapat mencari inspirasi yang seluas-luasnya, tanpa batas. Menciptakan sebuah desain yang menggambarkan Instaperfect: All Day Perfection for Your Unstoppable Move.

"Program juga menstimulasi peserta untuk berani mewujudkan mimpi mereka dan membagi inspirasi kepada banyak orang," kata dia.

WIYDC 2018 terdiri atas beberapa tahapan yang harus diikuti oleh peserta, dimulai dari registrasi dan penyerahan desain, melakukan presentasi di hadapan dewan juri, hingga mengikuti mentoring bersama desainer fesyen. WIYDC 2018 akan memilih 12 finalis yang nantinya berkesempatan untuk menampilkan karya mereka di panggung Jakarta Fashion Week 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya