Ssstt…Ini 5 Tips Sederhana Sukses Hadapi Tes IELTS

Ilustrasi photo oleh Unsplash.
Sumber :

VIVA – The International English Language Testing System atau yang dikenal dengan IELTS adalah salah satu ujian kemampuan bahasa Inggris yang paling populer dan digunakan di banyak negara sebagai tolok ukur kualifikasi seseorang, baik dalam dunia akademis maupun profesional. 

The Importance of Community to Help Learning

Jika berbicara mengenai kesulitan tes IELTS, tes yang satu ini memang cukup menantang dan membutuhkan persiapan yang cukup untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jika kamu atau rekan kamu akan menghadapi tes IELTS dalam waktu dekat ini,well, tidak ada salahnya menyimak tips berikut ini dan mencoba mempraktikannya saat tes nanti.

Ingin Kuliah di Malaysia? Kini Tak Wajib Ikut Tes IELTS

Datanglah Tepat Waktu

Datang tepat waktu adalah tips sederhana yang sangat mudah kamu lakukan. Jika kamu ingin tes kamu berjalan lancar, maka kamu tidak akan membuang-buang waktu untuk telat sampai di tempat tes.  

Kemampuan Berbahasa Inggris Jadi Kunci Kesuksesan di Dunia Karier

Alih-alih kamu datang 5 atau 10 menit sebelum tes dimulai, cobalah untuk tiba di tempat tes minimal 30 menit sebelum waktu dimulai. Hal ini bertujuan agar kamu benar-benar siap menghadapi tes karena semakin banyak waktu yang tersedia, kamu akan memiliki banyak waktu untuk mengatur suasana dan menenangkan diri.

Baca Setiap Pertanyaan dengan Teliti

Tips sederhana kedua, yaitu pada saat melakukan sesi Listening, pastikan kamu telah membaca semua pertanyaannya terlebih dahulu. Cara ini akan membuat kamu memiliki bayangan tentang hal yang akan diperbincangkan dalam rekaman tersebut. Coba juga untuk mengidentifikasi setiap kata kunci yang terdapat di setiap pertanyaan, sehingga kamu dapat menghemat waktu saat mencari jawaban yang benar. Satu lagi, sebelum menuliskan jawaban, kamu harus menentukan poin-poin yang akan kamu tuangkan terlebih dahulu agar hasil tulisanmu tersusun rapi dan tidak terkesan asal-asalan.

Perhatikan Waktu

Pada sesi Reading dan Writing, terkadang karena saking asiknya mengerjakan sampai lupa untuk memperhatikan waktu yang diberikan. Ini tips ketiga yang perlu kamu perhatikan; kamu perlu ingat, bahwa dalam tes IELTS, kamu diberikan waktu tertentu ketika mengerjakan soal. Jangan lupa juga untuk memperhatikan waktu agar kamu dapat menyelesaikan semua sesi secara efektif dan efisien.

Double Check Jawabanmu

Di akhir sesi Listening, kamu akan diberikan waktu untuk menyalin kembali jawabanmu ke lembar jawaban. Ini dia, tips keempatnya. Jika kamu sudah mengerjakan semua pertanyaan dalam sesi tes sebelumnya dan masih memiliki waktu tersisa, gunakan waktu tersebut untuk memeriksa kembali semua jawaban dan tulisan. Perbaiki jika menemukan kesalahan, dan pastikan ejaan dan grammaryang kamu gunakan benar dan sesuai.

Latih Kemampuan Berbicara

Selama sesi Speaking, cobalah untuk berbicara sebanyak-banyaknya dan hindari memberikan jawaban sedehana yang singkat dan tidak berbobot. Jika kamu melebihi waktu yang diberikan, penguji biasanya akan memberitahukan bahwa waktumu sudah habis. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kamu dapat berbicara dan mencerna gagasan yang diminta dalam pertanyaan, jadi cobalah untuk berlatih membuat argumen. Ini sekaligus menjadi tips terakhir untuk kamu sukses hadapai tes IELTS. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai IELTS dan bagaimana mempersiapkan diri agar sukses mengikuti tes IELTS, kamu bisa mengunjungi website Wall Street English di sini

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya