Awas, Konsumsi Makanan Manis Merusak Kulit

Ilustrasi kue sus atau cream puff
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tanpa disadari, konsumsi makanan kekinian yang penuh dengan gula, bisa memicu bahaya pada kesehatan kulit. Makanan manis ternyata bisa membuat kelenturan kulit menurun.

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Saat ini, makanan yang manis menjadi primadona di berbagai tempat makan. Inovasi dari segi rasa dan bentuk, membuat makanan manis semakin mengugah selera. Namun, mengonsumsi makanan manis ternyata bisa berdampak pada kerusakan kolagen kulit.

"Makanan dan minuman berwarna itu berbahaya buat kulit karena kalorinya tinggi sehingga gula numpuk. Tanpa sadar juga, kue yang di atasnya ada karamel lalu dipanggang, itu membuat gula semakin menumpuk di tubuh," ujar Spesialis Kulit Kelamin, RS Pondok Indah-Puri Indah, dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK. saat ditemui VIVA baru-baru ini.

5 Takjil yang Harus Dihindari Bagi Penderita Diabetes

Gula berisiko membuat penurunan produksi kolagen tubuh yang terjadi secara alami. Untuk itu, Kardiana menegaskan bahwa rekomendasi makanan terbaik yaitu sayur dan buah yang masih segar.

"Sayuran idealnya masih segar, kalau sudah ditumis dan goreng memang berkurang sekali gizinya. Tapi dibandingkan makanan manis, tubuh lebih baik mendapat asupan dari sayuran," kata dia.

Hati-hati, Penyakit Ini Rentan Serang Usai Rayakan Valentine

Tak hanya itu, buah-buahan yang segar serta berwarna terang, bisa membuat elastisitas dan kekenyalan kulit terjaga. Ditambah dengan pola hidup sehat seperti olahraga dan tidur cukup, untuk membuat produksi hormon endorfin meningkat sehingga metabolisme tubuh ikut meningkat.

"Buah warna terang itu sangat baik untuk kulit, seperti apel hijau, jeruk dan blueberry,” katanya.

Berat badan

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Untuk menurunkan berat badan, kadar kolesterol dan gula darah, tidak ada makanan yang menjadi penawarnya dan wajib tetap menjaga gaya hidup dengan sejumlah tips sehat.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024