Sering Terpapar Sinar Matahari? Pakai Produk Skincare dengan Vitamin C

Ilustrasi kulit remaja.
Sumber :
  • Pixabay/Helmut_Strasil

VIVA – Paparan polusi dan sinar ultraviolet mampu merusak kulit dan membuat proses penuaan dini terjadi lebih cepat. Tak jarang, hal tersebut membuat kulit remaja menjadi kusam dan cenderung mudah mengalami pigmentasi (warna kulit tidak merata).

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Masalah kulit tersebut tentu saja bisa membuat kepercayaan diri para remaja menurun. Apalagi, jika dibiarkan terus menerus terpapar matahari, penyakit kulit berbahaya bisa mengintai.

"Penuaan atau fotoageing bisa terjadi pada kulit yang terpapar sinar UV terus menerus. Bisa juga memicu mutasi sel dan berakhir pada tumor jinak bahkan tumor ganas," ujar pakar dermatologi dr. Vina Veriza, dalam acara A Journey With Wardah, di Bandung, Senin, 17 September 2018.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Vina menegaskan, kulit remaja sudah seharusnya dilakukan perawatan meski hanya yang mendasar. Pencegahan penuaan kulit pun sebaiknya dimulai sejak remaja sudah mulai pubertas.

"Memakai produk skincare dengan kandungan vitamin C bisa menetralisasi sinar uv yang sudah masuk ke dalam kulit. Vitamin c akan menangkalnya sebagai antioksidan," kata dia.

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Vitamin C juga mampu menghambat peradangan dan proses pigmentasi. Ini tentu berfungsi dalam pencegahan timbulnya jerawat dan noda hitam di wajah yang membuat kulit tampak kurang menarik.

"Kandungan vitamin C cukup 10 persen. Yang ringan saja agar cocok dengan kulit remaja. Wajib juga kenakan sunscreen sebagai penangkal agar sinar uv tidak menembus kulit,” ucapnya.

Ilustrasi membersihkan wajah

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

Wajah kamu mengalami kekusaman dan hal tak menyenangkan, Yuk, cari tahu apa saja rekomendasi produk perawatan kulit yang bisa digunakan? Berikut daftarnya!

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024