Berapa Kadar SPF yang Dibutuhkan Agar Kulit Terlindungi Maksimal?

Tabir surya
Sumber :
  • Pixabay/Beate

VIVA – Sun Protection Factor (SPF) yang merupakan kandungan baik dari tabir surya untuk menangkal sinar matahari. Namun, tak sedikit yang masih bingung dengan kadar SPF yang dibutuhkan oleh tubuh, khususnya di Indonesia dengan cuaca tropisnya.

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Dikatakan pakar dermatologi dr. Vina Veriza, negara tropis seperti Indonesia sebenarnya sangat membutuhkan perlindungan dari sinar matahari. Biasanya, kadar yang dibutuhkan mencakup SPF 15.

"Negara tropis seperti di Indonesia ini SPF 15 sudah cukup, tapi idealnya SPF 30 agar lebih melindungi," ujar Vina dalam temu media A Journey with Wardah di Bandung, belum lama ini.

Rekomendasi Produk Sunscreen Terbaik untuk Perlindungan Kulit Wajah yang Bisa Kamu Coba

Sebenarnya, berapapun kadar SPF yang digunakan, tidak memiliki perbedaan berarti selama pemakaiannya sesuai dengan kebutuhan kulit. Artinya, pemakaiannya tak cukup sekali dan dengan kualitas yang tepat.

"Pemakaiannya disarankan dua finger tip atau dua ruas jari. Kemudian, diaplikasikan kembali setiap 2-3 jam agar perlindungannya berfungsi dengan baik," tuturnya.

Mengapa Harus Tetap Gunakan Sunscreen Meski Cuaca Mendung atau Hujan?

Sama seperti yang dikemukakan oleh Spesialis Kulit dan Kelamin, RS Pondok Indah-Puri Indah, dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK bahwa pemakaian SPF sebaiknya diulang dan bukan hanya satu kali pakai. Untuk kebutuhannya sendiri, pada tiap jenis kulit dan individu memang berbeda-beda.

"Aplikasikan ulang setiap habis wudhu agar mempermudah pemakaian. Saya sarankan jika memang lebih sering di ruangan, cukup pakai SPF 30 tapi kalau di luar ruangan butuh SPF 50," katanya.

Ilustrasi memakai sunscreen

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Memakai sunscreen atau tabir surya saat keluar rumah sangat penting, terlebih Indonesia merupakan negara tropis yang 'bersahabat' dengan sinar matahari.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024