Ketombe Ada di Urutan 1, Masalah Rambut Paling Banyak Diderita Orang

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memiliki rambut sehat, berkilau, dan bebas ketombe adalah hal yang diinginkan oleh siapa pun. Tak hanya oleh kaum wanita, tapi juga pria.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Namun tahukah Anda, ada masalah rambut yang dinilai sangat menyebalkan, baik oleh pria maupun wanita. Ya, ketombe, jadi hal paling menyebalkan. Rambut berketombe dinilai bisa merusak penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Dari beberapa jenis masalah rambut yang ada, mulai dari lepek, rontok dan berminyak, masalah ketombe, menempati posisi pertama masalah yang kerap terjadi.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

"Berdasarkan riset kualitatif yang diadakan Unilever bersama satu lembaga agensi terhadap ratusan wanita, ketombe menempati peringkat pertama. Nomor dua cukup signifikan bedanya, itu adalah hair fall. Nomor tiganya rambut kering. Angkanya berubah-ubah, tapi ranking-nya enggak pernah berubah," kata Essy Prita Cinta selaku senior brand manager Clear Unilever Indonesia yang ditemui di sela acara peluncuran produk terbaru Clear, Triple AD Technology di Emperica SCBD, Jakarta, Jumat, 21 September 2018.

Iklim menjadi faktor utama kulit kepala berketombe. "Penyebab utama dari hasil riset kita karena memang iklim," tuturnya.

Selamat Tinggal Rambut Lepek! Berikut 7 Tips untuk Rambut Bervolume dan Sehat

Temperatur yang panas bikin kulit kepala berminyak hingga menumbuhkan jamur yang menyebabkan ketombe yaitu Pityrosporum ovale dari genus Malassezia.

Selain iklim, beberapa faktor penyebab ketombe kerap dijumpai di sekeliling kita. "Tapi selain itu keadaan hormonal seperti stres itu juga bisa berpengaruh, debu, kotoran juga dapat membuat bakteri berkembang," katanya.

Loreal Brandstorm 2024

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

3 mahasiswi dari ITB yakni Clara Sinaga, Priscilla A. Napitupulu dan Saskia Febriend, menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah kerontokan rambut non invasif

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024