Freckles, Si Bintik Cokelat di Wajah Bisakah Dihilangkan?

Ilustrasi freckles pada wajah.
Sumber :
  • Pixabay/Foundry

VIVA – Berkat Meghan Markle, freckles mulai dianggap cute dan bukan dipandang sebagai masalah kulit. Bahkan, para beauty enthusiast ramai-ramai membuat trik make up freckles.

Punya Laser Center Wajah Terlengkap di RI, dr. Oky Pratama Bening's Clinic Ungkap Manfaat Laser

Tapi tak semua pemilik freckles alami, berupa bintik-bintik kecokelatan di wajah menganggapnya menarik.

Genetik menjadi faktor utama munculnya freckles. Selain faktor tersebut, paparan sinar matahari mempercepat timbulnya freckles.

Cara Mengobati dan Cegah Flek Hitam yang Membandel

"Freckles berbeda dengan melasma (kondisi kulit kronis yang menyebabkan perubahan warna di kulit wajah). Kalau freckles itu betul-betul paling utama dua itu faktornya, keturunan dan paparan sinar Ultra Violet (UV)," kata Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin, dr. Novi Jnita Sp.KK dari ZAP Premiere saat berbincang dengan VIVA,  Kamis, 4 Oktober 2018.

Selain kedua faktor di atas, faktor gaya hidup juga memengaruhi munculnya freckles. Gaya hidup yang seperti apa yang membuat freckles muncul?

Mengenal Treatment Laser Diode, Ampuh Atasi Talangiektasis dan Melasma

"Jadi kalau gaya hidup memengaruhi, biasanya terpapar sinar matahari yang berlebihan (sun bathing). Jadi kalau main di pantai suka lupa enggak pakai sunblock pasti freckles muncul dengam seketika," katanya.

dr. Novi mengingatkan untuk tidak lupa mengoleskan sunblock untuk 'penawar' setiap kali keluar rumah atau beraktivitas di luar ruang.

"Jadi kalau misalnya pencegahan, jadi balik lagi karena faktor utamanya itu paparan sinar matahari, maka Anda harus rajin pakai sunblock. Kalau freckles itu dia bisa mengenai segala usia, tidak seperti melasma, kan jarang ya orang sebelum pubertas muncul melasma itu jarang," katanya.

"Tapi kalau freckles bisa terjadi pada anak yang usianya 2 tahun dan paling sering terjadi pada anak-anak remaja dewasa muda. Jadi gunakanlah sunblock sejak usia dini. Anak-anak itu perlu sekali sunblock, terutama untuk orang-orang yang kulitnya terang, terus orang-orang tertentu yang berambut merah atau pun berambut blonde itu cenderung terjadi freckles lebih tinggi, maka itu dari kecil pakai sunblock," tambahnya.

Jika bintik cokelat tersebut sudah terlanjur muncul, jangan khawatir. Ada beberapa cara menghilangkannya.

"Berbagai cara banyak sih, ya untuk menghilangkan freckles, treatment makin lama makin maju, kita bisa menggunakan krim-krim pencerah untuk menyamarkan freckles tersebut, menggunakan chemical peeling, laser therapy. Laser therapy bisa menggunakan Q-switch dan YAG KTP atau pun dengan Intense Pulsed Light (IPL) masih bisa yang berbasis cahaya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya