Demi Lebih Dikenal Warga Dunia, Desainer Ini Kampanye Batik di Medsos

Desainer Poppy Karim
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Pada 2 Oktober kemarin, diperingati hari Batik Nasional, tidak sedikit masyarakat di Tanah Air memakai batik. Mereka bangga menggunakan batik di lingkungan kerja, terlihat dari unggahan di berbagai media sosial.

Bangga Promosikan Batik, Desainer Barbie Awliya Berjuang Keras di Paris

Desainer Poppy Karim pun tak mau ketinggalan. Dia mengunggah video Youtube tentang batik. Tujuannya dengan kampanye sederhana itu agar batik lebih dikenal lagi oleh masyarakat dunia.

"Mereka warga dunia itu sangat kagum meihat batik. Terlebih batik tulis yang dikerjakan dengan handmade serba manual, mereka (asing)sangat kagum. Hanya rata” kalau full batik buat mereka ( asing ) sangat berat, jadi kita mengaplikasikannya agak lebih ringan dari segi warna dan motif," ucap Poppy Karim melalui keterangan tertulisnya kepada VIVA.

Terpopuler: Kisah Mualaf Pria Pasca Operasi Otak, Jadwal Imsakiyah Hingga Ucapan Idul Fitri

Poppy mengajak masyarakat karena melihat lebih dekat filosofi dari batik itu sendiri.

"Aku mengajak semua masyarakat kalau cinta batik harus mulai belajar filosofi di balik motif-motif batik.
 Jangan  katakan cinta batik tapi tidak kenal sama motifnya hanya tahu batiknya. Itu rasanya harus mulai tahu mengenai motif dan maknanya. Dengan demikian kita bisa berekspresi dengan batik," ucapnya.

Ada Destinasi Eduwisata Baru, Gemes! Bisa Dilatih Langsung Sama Pembatik Cilik
Pengrajin batik aromaterapi asal Madura (dok: LPEI)

Batik Aromaterapi Asal Madura Tembus Pasar AS hingga Jepang

LPEI memperkuat komitmennya untuk memperkuat ekosistem ekspor batik yang berkelanjutan, sehingga mampu memberikan kontribusi signifikan bagi ekspor nasional

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024