Kulit Pria yang Sehat dan Mulus Bisa Didapat dengan 3 Cara Mudah

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • Pixabay/ freedombargi

VIVA – Tak hanya wanita saja yang perlu melakukan perawatan kulit, kaum Adam pun perlu melakukan hal tersebut untuk kesehatan dan percaya diri.

Teratai Hingga Pegagan, Tanaman Ajaib Sehatkan Kulit saat Pandemi

Tentu saja perawatan pria berbeda dengan kaum hawa. Para pria cukup melakukan perawatan dasar, seperti membersihkan wajah dan memakai krim pelembap sesuai kebutuhan dan jenis kulit.

Rangkaian perawatan wajah sederhana mampu bantu mencegah penuaan dini, timbulnya jerawat dan menjaga kesehatan kulit wajah.

Lagi Tren di AS, Facial Medicals Bikin Wajah Glowing Cuma Rp10.000

Pakar dermatologi berbagi tiga hal utama dalam merawat kulit wajah pria, seperti yang dilansir dari halaman Men's Journal, Kamis, 11 Oktober 2018.

Bersihkan wajah dua kali sehari

Pria, Yuk Kenalan sama 4 Jenis Produk Perawatan Wajah

Perawatan pertama yang wajib dilakukan para pria adalah membersihkan wajah terlebih dahulu, dua kali sehari. Bersihkan wajah sebelum dan setelah bangun tidur dan saat wajah mengeluarkan keringat berlebihan.

Membersihkan wajah akan mengangkat kotoran dan keringat penyebab jerawat. Dr. Avnee Shah menyarankan untuk menggunakan foaming cleanser atau pembersih wajah yang tekstur busa untuk kulit yang berminyak. Pastikan Anda menggunakan pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Bagi pria dengan kulit kering, Anda dapat memakai pembersih dengan tekstur lebih lembut atau creamy.

Bagi Anda yang memiliki kulit senstif, pakar dermatologi Dr. Holly Hanson menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut dengan pH seimbang. Hal itu agar wajah yang dicuci dua kali sehari tidak teriritasi.

Dr Kassie Haitz menyarankan gunakan pembersih wajah dengan kandungan asam salisilat. Asam salisilat berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Gunakan pelembap SPF 30

Setelah rutin membersihkan wajah, kulit Anda membutuhkan pelembap. Pelembap yang baik untuk kulit harus mengandung vitamin dan antioksidan untuk menghidrasi kulit.

Pelembap berfungsi untuk melindungi kulit pada bagian teratas dari racun. Sun Protection Factor (SPF) yang terkandung dalam pelembap berfungsi melindungi kulit dari dua Sinar Ultra Violet (SUV), Sinar Ultra Violet A (UVA) penyebab penuaan dini serta Sinar Ultra Violet B (UVB) penyebab kanker.

Semakin tinggi SPF, maka semakin kuat pula pertahanan kulit Anda. Walau kenyataan angka (SPF) bukan menjadi patokan. Seperti SPF 30 tidak melindungi kulit Anda dua kali lebih efektif daripada SPF 15, namun benar-benar melindungi kulit secara signifikan.

Para ahli dan dokter setuju jika Anda memerlukan SPF 30 atau lebih tinggi untuk perawatan kulit Anda. Untuk itu, pilih SPF yang tepat untuk kulit, pilihlah pelembap dengan SPF 30+ yang menawarkan perlindungan yang luas.

Pakar dermatologi, Dr Jennifer S Kitchin mengatakan pelembap harus memiliki kandungan seperti titanium atau seng. "Zat tersebut memantulkan sinar UV dari kulit dan melindungi kita dari efek jangka panjang penuaan, seperti kanker kulit, keriput, dan bintik-bintik cokelat."

Aplikasikan produk dengan retinol sebelum tidur

Terdengar asing, namun penggunaan retinol dipercaya ampuh menghilangkan kerutan, jerawat, dan bintik cokelat di wajah. Retinol adalah produk yang berasal dari vitamin A yang bisa kita gunakan dengan dosis tertentu yang dicampur ke dalam pelembap malam.

Anda dapat mengkombinasikan pemakaian pelembap malam dan retinol sebelum tidur. Sebelum menggunakan retinol, baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli atau dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya