Kulit Tetap Gosong Meski Berenang Pakai Sunblock, Ini Penyebabnya

Ilustrasi kolam renang/berenang.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Mengoleskan krim pelindung sinar matahari atau sunblock saat melakukan olahraga outdoor atau luar ruang, seperti renang memang sangat penting. Hal itu untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Tak Gentar Gelap dan Ombak, Kowad Cantik Berenang Taklukkan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Kendati demikian, ada beberapa orang yang kulitnya makin 'gosong' usai berenang. Soal itu, dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip. AAAM, MH.Kes, FKCCS menjelaskan bahwa sunblock tidak akan bekerja efektif saat Anda melakukan kegiatan di dalam air.

"Usahakan penggunaan sunblock yang tepat. Misalkan kita kena air, keringatan atau renang, usahakan pemakaiannya yang tepat," kata dia di Jakarta, Selasa, 6 September 2018.

3 Olahraga yang Disunnahkan Rasulullah Berikut Manfaatnya untuk Tubuh

Dia menuturkan bahwa sunblock dan sunscreen hanya bertahan sebentar. Normalnya, menurut dia, sekitar 4 jam. Sementara saat Anda berkeringat atau berenang maka 30 menit setelah pemakaian, sunblock sudah luntur.

"Jadi kenapa Anda sunburn (kulit gosong atau terbakar matahari), ya karena hal tersebut," ujar Edwin.

Heboh Ria Ricis Berenang dengan Ikan Hiu Paus, Sederet Artis Ramai Berkomentar

Dia pun memberikan tips menghindari sunburn saat berenang. Saran dia, berenang sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menghindari sinar matahari yang menyengat seperti pada siang hari.

Selain itu, Anda juga bisa memilih berenang di dalam ruangan sehingga bisa melakukan aktivitas ini kapan pun.  "Tapi kalau terpaksa di outdoor dan siang hari, pastikan penggunaan sunblock-nya per 30 menit sekali kalau mau aman," ucapnya.

ilustrasi olahraga lari.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Setelah mengonsumsi banyak makanan berlemak, jangan lupa melakukan aktivitas olahraga agar lemak-lemak yang menumpuk di tubuh bisa terbakar.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024