Ragam Unsur di Koleksi Teranyar Biyan dari Refleksi 36 Tahun Berkarya

Koleksi Juxtaposed by Biyan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA – Desainer kenamaan Tanah Air, Biyan Wanaatmadja kembali menghadirkan koleksi spring/summer 2019 terbarunya bertajuk Juxtaposed. Dalam karya terbaru, Biyan mencoba menuangkan refleksi perjalanan 36 tahun berkarya di dunia mode dalam koleksinya.

Jelang Ramadan, Koleksi Hari Raya dari Produk Lokal Mulai Bermunculan

"Juxtaposed ingin bercerita mengenai penyandingan, percampuran, bahkan clashing antara banyak elemen, material, corak ataupun garmen yang dirangkai dalam semangat yang muda," kata Biyan di Jakarta, Selasa malam, 6 November 2018.

Untuk koleksinya kali ini, Biyan memadukan nuansa tradisional dengan modern. Tidak hanya itu, ia mencoba mengontraskan motif floral yang dipadu dengan motif geometris serta silk print yang dipadu dengan lace.

Masa Kejayaan Majapahit Inspirasi Ivan Gunawan di Front Row Paris 2023

Dalam mengerjakan koleksi ini, Biyan tidak hanya mengacu pada satu sumber inspirasi, namun sebuah rangkaian dari berbagai referensi tempat, budaya dan  hal-hal yang ia lihat dalam keseharian.

Koleksi Juxtaposed by Biyan

Terinspirasi dari Keanggunan Mesir Kuno, Koleksi Busana Ini Hadir

Motif batik Buketan yang umumnya ditemukan di area pesisir Jawa dipakai sebagai inspirasi dan diterjemahkan di atas satin silk dengan komposisi retro, dan warna yang lebih vivid, terpadu tak biasa dengan motif geometris. Demikian pula dengan motif Kilim (motif permadani asal Timur Tengah) yang dirangkai ulang menyerupai desain scarf, dipadukan bersama motif floral tiles yang diberi sentuhan tipografi Studio 133.

Tak hanya itu, ia juga berani dalam bermain aksesori, dengan memadukan material kain dengan berbagai jenis dan  manik-manik serta embellishment lainnya pada anting, kalung, slippers. dan boots.

"Semua ini pada akhirnya untuk membentuk harmoni yang menawan,"kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya