5 Fakta Harbolnas 2018, Digelar 2 Hari Hingga Diskon Gila-gilaan

Ilustrasi belanja online
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) siap digelar pada penghujung tahun 2018. Berbagai diskon hingga penawaran menggiurkan akan hadir kembali untuk memanjakan masyarakat Indonesia.

UMKM Lokal Ungkap Peningkatan Penjualan di Harbolnas 12.12

Sebelum mengikut kegiatan pesta belanja online terbesar di Indonesia ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai fakta Harbolnas 2018.

Berikut ini beberapa fakta menarik yang dirangkum VIVA dari Ketua Panitia Harbolnas 2018, Indra Yonathan saat ditemui baru-baru ini.

Sambut Harbolnas, Zulhas Jadi Host Shopee Live Bersama Seller UMKM Ekspor

1. Digelar dua hari

Harbolnas kali ini akan diselenggarakan pada 11 dan 12 Desember 2018 mendatang. Harbolnas merupakan puncak dari berbagai pesta belanja online yang sudah digelar dari September lalu.

Sambut Harbolnas, TikTok Shop Resmi Gabung Tokopedia dan Beroperasi Lagi

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018.

2. Hari khusus produk lokal

Gelaran kegiatan belanja online terbesar ini akan memasarkan ribuan produk lokal selama Harbolnas 2018. Edisi khusus produk lokal berlangsung pada 11 Desember 2018. Harbolnas sebagai festival belanja online terbesar di Indonesia berkomitmen untuk mempromosikan produk lokal.

"Hal ini mendorong agar lebih banyak UMKM yang dapat merasakan keuntungan dan manfaat lebih dari perdagangan digital," ujar Indra.

3. Diikuti lebih dari 300 e-commerce

SeIuruh kategori produk itu akan dipasarkan melalui lebih dari 300 e-commerce peserta Harbolnas 2018, seperti Lazada, Shopee, Blibli, Eievenia dan Zalora.

Tahun ini Harbolnas mengangkat semangat gotong-royong dengan tema besar 'Belanja untuk Bangsa’. DIharapkan para produsen produk lokal dapat merasakan pengaruh bisnis dari kemeriahan acara Harbolnas beriringan dengan pemain-pemain e-commerce besar.

"Sehingga para produsen lokal dapat lebih memahami kelebihan pemasaran dengan platform online," ujar Indra yang juga merupakan Country Head of Shopback Indonesia.

4. Didukung 3 Kementerian

Harbolnas 2018 didukung oleh tiga kementerian sekaligus, yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Menteri Perindustrian Republik lndonesia, Airlangga Hartarto, memberikan dukungan terhadap tema Harbolnas 2018 tahun ini, dikarenakan selaras dengan misi dari Kementerian Perindustrian dalam mewajibkan e-commerce untuk memperjualbelikan produk lokal.

lndonesia, kata Airlangga, mempunyai potensi besar dalam industri digital mengingat besarnya jumlah pengguna internet dengan pertumbuhan ekonomi paling cepat dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

5. Diskon 95 persen

Adapun promo yang diberikan pada Harbolnas tahun ini adalah potongan harga hingga 95 persen serta cashback hingga 120 persen dari ShopBack. Sementara itu, Bank Mandiri sebagai penyedia utama channel pembayaran non-tunai untuk transaksi di Harbolnas 2018 menawarkan serangkaian program promo menarik untuk kenyamanan masyarakat saat berbelanja, terutama pemegang Mandiri Debit dan Mandiri Kartu Kredit.

Program promo tersebut antara lain diskon hingga 93 persen di e-commerce, peserta Harbolnas berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp1.212.000 dan cicilan 0 persen hingga 12 bulan untuk pemegang Mandiri Kartu Kredit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya