Logo ABC

Industri Fesyen Global Berjanji Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Bisnis fesyen global merupakan salah satu industri penyumbang besar gas rumah kaca.
Bisnis fesyen global merupakan salah satu industri penyumbang besar gas rumah kaca.
Sumber :
  • abc

Puluhan label mode besar di dunia termasuk Adidas, Gucci, Zara, dan H&M telah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca mereka hingga 30 persen pada tahun 2030 di bawah bimbingan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam KTT iklim COP24 PBB di Polandia minggu ini, sejumlah label terkenal dan pemangku kepentingan lainnya dari seluruh industri fesyen meluncurkan Piagam Industri Fashion untuk Aksi Iklim. Piagam ini mencakup pengurangan emisi karbon industri fesyen sebesar 30 persen dan 15 komitmen lainnya.

Ini termasuk komitmen untuk menganalisis dan menetapkan "jalur dekarbonisasi" - pada dasarnya adalah cara untuk mengurangi emisi dan perusahaan fesyen yang menandatangani piagam ini secara bertahap akan melepaskan ketergantungan mereka terhadap pembangkit listrik berbahan bakar batubara pada 2025.

Banyak komitmen lain dalam piagam tersebut yang tidak cukup jelas. Mereka termasuk mendukung tujuan Perjanjian Paris, mengejar langkah-langkah efisiensi energi, bermitra dengan bank untuk mengatalisasi solusi terukur, dan membangun dialog yang lebih erat dengan konsumen dan pemerintah.

Sekretaris PBB untuk Eksekutif Perubahan Iklim Patricia Epinosa menggambarkan piagam itu sebagai sesuatu yang penting dan komitmen unik.

"Industri fesyen selalu dua langkah ke depan jika berkaitan dengan upaya untuk mendefinisikan budaya dunia," katanya.

Piagam itu, seperti platform mode yang terkenal di dunia, memberi contoh yang saya harap orang lain akan ikuti.