Angela Ponce, Transgender Pertama yang Ikut Ajang Miss Universe

Angela Ponce
Sumber :
  • Instagram Angela Ponce

VIVA – Penyelenggaraan Miss Universe 2018 di Bangkok Thailand menarik perhatian dunia. Baru-baru ini diketahui bahwa salah satu peserta finalis Miss Universe 2018 adalah seorang transgender.

Harnaaz Sandhu Raih Mahkota Miss Universe 2021

Ajang ini pun diperbolehkan diikuti oleh seorang transgender setelah kebijakan yang mewajibkan pesertanya hanya wanita dihapuskan pada tahun 2012 lalu. Untuk pertama kalinya, Angela Ponce yang merupakan Miss Universe Spanyol 2018 mengikuti ajang ini.

Pada malam final 16 Desember 2018 waktu setempat, wanita berusia 27 tahun dari Pillas, Spanyol ini pun mengutarakan bahwa menjadi kontestan transgender pertama memberinya sebuah rasa tanggung jawab yang besar.

Indonesia Tak Kirim Perwakilan ke Miss Universe 2021 di Israel

“Apa yang saya rasakan menjadi kontestan transgender pertama di Miss Universe adalah rasa tanggung jawab yang besar, itu memberi saya banyak kebanggaan dan secara pribadi saya sangat bangga telah berhasil ada di sini," kata dia seperti dikutip dari laman Daily Star.

7 Potret Rafaela Plastira, Miss Yunani yang Boikot Miss Universe 2021

Dia pun merasa begitu bersyukur kini masyarakat telah membuang stigma buruk mengenai transgender. Sehingga banyak para transgender yang tidak perlu takut lagi mengakui dirinya sebagai transgender.

“Hari ini, ada referensi positif. Orang-orang berbicara tentang komunitas LGBT dan komunitas transgender. Sebelum itu, selalu di bawah tanah dan tidak pernah dibicarakan. Saya pikir orang-orang banyak yang tidak tahu, dan semua prasangka itu berasal dari informasi yang tidak benar," kata dia.

Kembali ke Spanyol, dia pun akan bekerja untuk membantu anak-anak yang menghadapi stigma buruk karena menjadi transgender. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya