4 Langkah Samarkan Pori-pori Besar, Dijamin Buat Wajah Lebih Mulus

Ilustrasi kecantikan/wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla

VIVA – Banyak dari kita, khususnya kaum hawa mendambakan kulit wajah yang sehat dengan ukuran pori-pori kecil. Hal itu membuat tampilan wajah menjadi lebih mulus.

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

Ahli kulit, dr. Anesia Tania SpKK mengatakan, sebenarnya besar atau kecilnya pori-pori di kulit wajah adalah faktor genetik. Jadi, jika orangtua Anda memiliki pori-pori kulit besar maka Anda akan memiliki pori-pori dengan ukuran yang sama.

“Ukuran pori-pori setiap orang itu sudah ditentukan secara genetik sehingga tidak bisa diubah secara permanen," kata Tania saat berbincang dengan VIVA lewat sambungan telepon, Jumat, 21 Desember 2018.

Kesalahan Fatal! Semprot Parfum Terlalu Dekat Bikin Wangi Cepat Hilang, Ini Alasannya!

Kendati demikian, Tania mengatakan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyamarkan pori-pori besar tersebut. Dengan begitu, ukuran pori-pori akan terlihat lebih kecil.

"Yang bisa kita lakukan adalah memperbaiki tampilan pori-pori, sehingga terlihat lebih halus dan kecil, dengan jalan mengurangi penumpukan sel kulit mati di sekitar pori-pori dan juga memperbaiki struktur kolagen di kulit," tutur dia.

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Memencet Jerawat Sembarangan

Nah, untuk menghindari penumpukan sel kulit mati, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari pemakaian produk make-up atau perawatan kulit yang bersifat comedogenic atau yang berbahan dasar minyak. Sebab, bagi pemilik tipe kulit berminyak ditambah pori-pori berukuran besar, produk tersebut bisa menyumbat pori dan membuat kulit menjadi lebih mudah berjerawat dibanding dengan tipe kulit lainnya.

Perempuan dengan wajah bersih. Foto ilustrasi

Di samping itu, usahakan jangan memakai make-up seharian dan jangan tidur dengan wajah masih ber-make-up. Bersihkan wajah setelah sampai rumah atau sebelum Anda tidur.

"Kedua, selalu membersihkan make-up dan mencuci wajah minimal dua kali sehari dengan menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit kamu," katanya.

Langkah selanjutnya, gunakan produk-produk yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati atau produk yang mengandung eksfoliasi. Misalnya, produk yang mengandung AHA, BHA atau pun produk yang mengandung scrub. Untuk eksfoliasi, sebaiknya lakukan minimal seminggu sekali.

Dan terakhir, Anda bisa melakukan beberapa treatment di klinik kecantikan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Misalnya, laser peel, chemical peeling ataupun photofacial yang dapat membantu penampilan pori-pori hingga terlihat lebih halus dan wajah menjadi mulus. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya