Rajin Cuci Wajah tapi Kulit Masih Bermasalah, Begini Solusinya

Ilustrasi cuci muka.
Sumber :
  • Pexels/Leah Kelley

VIVA – Membersihkan dan mencuci wajah adalah kegiatan yang wajib dilakukan setiap hari. Dengan mencuci wajah, kulit Anda akan terbebas dari kotoran dan membuat kulit menjadi segar dan cerah.

Kesalahan Fatal! Semprot Parfum Terlalu Dekat Bikin Wangi Cepat Hilang, Ini Alasannya!

Namun yang jadi pertanyaan, apakah cara Anda membersihkan wajah  sudah benar? Dr. Resty Evasari dari tim Medical & Training ZAP Clinic memberikan tips membersihkan wajah yang tepat.

"Ada beberapa hal yang harus dihindari saat mencuci wajah. Pertama, jangan langsung mencuci wajah tanpa membersihkan make-up terlebih dahulu," kata Resty saat berbincang dengan VIVA lewat sambungan telepon, Jumat, 21 Desember 2018.

Jangan Musuhi Minyak di Kulit, Trik Tepat Ini Jaga Wajah Glowing Cegah Jerawat

Dia menyarankan untuk menggunakan milk cleanser atau make-up remover untuk membersihkan wajah sebelum dicuci. Selain itu, Resty menambahkan, jeli membeli produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit adalah kunci kesehatan kulit wajah.

"Kedua, gunakan sabun wajah sesuai jenis kulit. Apabila jenis kulit kering dapat gunakan sabun wajah yag mengandung pelembap, dan apabila jenis kulit berminyak, pilih sabun wajah yang dapat membantu mengangkat kelebihan minyak tersebut," ujarnya.

7 Cara Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar yang Dianjurkan

Ketiga, sebaiknya scrub wajah untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati cukup dilakukan satu-dua kali dalam sepekan. Di samping itu, bedakan handuk yang digunakan untuk mengeringkan wajah dengan handuk untuk lantaran kulit wajah lebih lembut dibanding dengan tubuh.

Selain itu, dia mengingatkan untuk tidak membiasakan kulit wajah dibersihkan dengan sabun. Terlalu sering mengaplikasikan sabun pada wajah bisa memberi dampak kurang baik.

"Terlalu sering membersihkan wajah dengan menggunakan sabun, justru tidak baik untuk kulit karena dapat memicu iritasi dan membuat produksi minyak lebih banyak," ucap Resty.

Dia menyarankan, cukup menggunakan sabun dua kali dalam sehari, yakni pagi dan malam hari, terutama setelah melakukan aktivitas di luar ruangan atau menggunakan make-up dan sebelum tidur.  Waktu membersihkan wajah pun harus teratur dan jangan berlebihan demi menjaga kekenyalan kulit. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya