Lima Tips Memilih Sepatu Bot Keren dan Nyaman

Sepatu boot musim dingin
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Segarkan gayamu pada 2019 dengan bot, sebuah tipe sepatu yang sangat fleksibel untuk dipadupadankan dengan gaya pakaian kasual atau formal. Sepatu jenis ini bisa dipakai di berbagai kesempatan.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Untuk itu sepatu bot harus nyaman di kaki agar pemakainya bisa nyaman saat menggunakannya ke manapun pergi. Selain itu, sepatu bot nyaman menyangga kaki dengan sempurna dan baik bagi kesehatan kaki.

Timberland, pembuat bot yang tidak lekang oleh zaman selama 45 tahun terakhir, membagi beberapa tips tentang bagaimana memilih bot yang tak hanya terlihat tapi juga terasa sempurna. Tips berikut ini termasuk mencari bot dengan sol yang fleksibel serta memilih bahan sepatu yang tepat, baik itu kulit atau sintetis.

Sri Mulyani Buka Suara soal Warga Beli Sepatu Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta

Ukuran tepat

Kaki bisa berubah ukuran akibat berat badan yang naik atau turun, jadi sebaiknya ukur panjang, lebar, dan lengkungan kaki agar mengetahui ukuran kaki yang sebenarnya.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Ukurlah kedua kaki karena kaki kiri dan kaki kanan tidak selalu sama. Selain itu, sebaiknya coba dan beli sepatu di sore atau malam hari karena kaki akan sedikit membesar setelah aktif seharian. Terakhir, gunakan kaus kaki saat mencoba bot untuk memastikan bahwa sepatu tetap nyaman walaupun ada lapisan kaus kaki yang tebal.

Insole nyaman

Insole adalah bagian dalam sepatu yang menyentuh telapak kaki. Insole yang bagus menyangga setiap bagian dari kaki namun tetap fleksibel mengikuti gerakan kaki. Saat mencoba sepasang bot, berjalanlah di sekitar toko agar bisa merasakan seberapa nyaman kaki saat bergerak. Selain berjalan, berdirilah di ujung jari kaki untuk mengetahui apakah jari-jari kaki mempunyai cukup ruang untuk merenggang keluar atau malah terbentur di ujung dan atas sepatu.

Kemudian, naikkan tumit seakan mau naik tangga untuk mengetes apakah tumit bergeser-geser di dalam sepatu. Bot yang bagus akan mencengkeram tumit dengan pas agar orang bisa berjalan dengan nyaman.

Empat macam tes

Tes juga fleksibilitas dari bagian luar dan atas bot karena karena ini akan sama-sama memengaruhi kenyamanan. Tes bisa dilakukan dalam empat cara yaitu menekuk toebox, atau bagian depan sepatu di mana jari-jari berada, ke atas. Bot harus cukup fleksibel untuk menekuk sedikit, tapi tidak sampai setengah sepatu. Periksa juga apakah ada penyangga untuk bagian lengkungan kaki dan selalu pilih bot yang mempunyai hak yang lebar dan tebal karena ini akan membantu menjaga keseimbangan.

Bagian luar tahan air

Bot adalah sepatu yang bisa digunakan untuk kegiatan di dalam dan di luar ruangan. Kalau termasuk orang yang aktif, saat memilih bot pastikan bagian luarnya tahan air. Bahan tahan air ini akan memungkinkan untuk menggunakan bot dalam keadaan dan cuaca apa pun, baik saat cerah atau hujan. Keliman sepatu juga harus rapat untuk semakin melindungi kaki dari basah dan lembap.

Terbuat dari kulit atau sintetis

Bot umumnya terbuat dari kulit, seperti full-grain atau nubuck, atau bahan sintetis, termasuk bahan berteknologi tinggi seperti Cordura yang tahan dari goresan. Pilihlah bot yang terbuat dari bahan yang tidak hanya sesuai dengan gaya hidup, tapi juga kesediaan untuk merawat bahan tersebut. Bahan kulit lama-lama akan menyesuaikan dengan kaki tapi kulit harus dirawat dengan saksama supaya tidak kering dan pecah. Sementara itu, bahan sintetis lebih mudah dirawat tapi tidak akan se-elegan sepatu bot klasik. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya