3 Masalah Kulit yang Kerap Dialami Hijabers, Begini Solusinya

Wanita berhijab
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tidak hanya wanita yang tak mengenakan hijab, wanita yang memakai jilbab pasti mengalami masalah pada kulit wajahnya. Masalah kulit yang kerap dihadapi adalah jerawat dan kulit belang antara area wajah yang tertutup dan tidak tertutup hijab.  

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Soal masalah kulit tersebut, sebenarnya ada solusinya. Spesialis kulit dan kelamin, dr. Irmadita Citrashanty, SpKK mengatakan, selain jerawat dan kulit belang, masalah lainnya seperti kulit kering juga sering dihadapi hijabers.

Irma pun memberikan tips jitu menyingkirkan beberapa masalah kulit yang dihadapi hijabers. Berikut ini masalah yang dihadapi dan solusinya.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

1. Kulit kering

Kaum Muslimah selalu dekat dengan air, terutama saat hendak melakukan salat lima waktu, berwudu sering dilakukan para wanita.

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Kewajiban salat lima waktu membuat kulit sering terkena air saat berwudu. Bagi yang memiliki kulit normal atau berminyak, efek terlalu sering membasuh wajah mungkin tidak terlalu signifikan, namun bagi Anda yang memiliki kulit kering akan membuat kulit semakin kering jika terlalu sering dibasuh.

Itu karena air dapat secara langsung mengikis lapisan lemak yang secara normal ada pada kulit. Untuk itu, Anda dianjurkan menggunakan pelembap usai berwudu.

"Air wudu memang baik untuk kulit dan membuat kulit terasa segar. Tapi kita bisa semakin mengoptimalkannya dengan menggunakan pelembap setelahnya," kata Irma di Jakarta, belum lama ini.

2. Jerawat

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang banyak diderita orang, tidak hanya wanita berhijab. Irma menjelaskan, salah satu penyebab munculnya jerawat karena tidak membersihkan wajah dengan maksimal.

Sekadar diketahui, pada bagian kulit yang tertutup oleh hijab, pori-pori pun akan tertutup sehingga rentan terhadap munculnya jerawat. Karena itu, Irma menganjurkan supaya Anda membersihkan wajah minimum dua kali sehari.

"Cukup dua kali sehari saja tapi double cleansing dengan susu pembersih atau micellar water, baru cuci muka," ujarnya. Dan ketika jerawat semakin banyak, saran Irma, segera konsultasikan ke ahlinya.

3. Kulit belang

Warna kulit yang tak merata (belang) di area wajah menjadi masalah yang sering dialami para hijabers. Area yang tak tertutup hijab membuat warna kulit jauh lebih gelap dibandingkan area yang tertutup. Untuk menghindari masalah ini disarankan untuk memakai tabir surya.

"Disarankan untuk selalu menggunakan tabir surya, baik ketika akan bepergian ke luar rumah atau hanya berdiam di rumah," ucapnya.

Selain terkena paparan sinar matahari, perubahan warna kulit juga bisa disebabkan oleh akumulasi paparan dari sumber cahaya lainnya, seperti lampu sorot, komputer, bahkan handphone. Cahaya itu bisa mempercepat proses penuaan dan kulit menggelap. Dia merekomendasikan untuk selalu mengaplikasikan Sun Protection Factor (SPF) saat beraktivitas, baik di dalam maupun luar ruang.

Bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan, baiknya gunakan selalu sunblock SPF 15. Sedangkan jika bekerja di luar ruangan, gunakan sunblock SPF 30. Dan untuk mendapatkan hasil yang efektif, baiknya ulangi penggunaan sunblock setiap 3 atau 4 jam. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya