Nike Dikecam karena Logo Air Max 270 Mirip Lafadz Allah

Nike Air Max 270
Sumber :
  • Youtube hes kicks

VIVA – Sejak diluncurkan Februari 2018 lalu, Nike Air Max 270 menjadi salah satu item paling dicari oleh para penggemarnya. Tetapi, salah seorang netizen menyebut bahwa logo terbaru dari sepatu tersebut “menghujat dan menyinggung” umat Muslim.

Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Warganet: Perhitungan dari Mana?

Ini lantaran logo yang tertulis mirip dengan lafadz Allah dalam bahasa Arab yang bermakna Tuhan untuk umat Muslim. Karena logo tersebut, sebuah petisi di Change.org muncul dan mendesak brand raksasa sepatu itu untuk menarik produknya.  

Saiqa Noreen, penggagas petisi itu beranggapan bahwa penempatan logo yang berada di sol sepatu itu tidak pada tempatnya, karena itu berarti bahwa tulisan itu akan diinjak-injak, ditendang, dan menjadi kotor dengan lumpur atau bahkan kotoran.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Noreen mendesak Nike untuk mempertimbangkan karena yang dilakukannya sangat tidak sopan dan  menyinggung dan menghina Islam.

Setelah Viral, Pemilik Retail yang Jual Kaos Kaki Berlafaz Allah Minta Maaf ke Raja Malaysia

Hingga Senin, 4 Februari 2019, petisi ini telah ditandatangi lebih dari 32 ribu pendukung. Seorang perwakilan Nike mengatakan kepada Fox News bahwa perusahaan menghormati semua agama dan logo yang jadi kontroversi itu awalnya hanya dimaksudkan untuk mencerminkan merek AIR MAX saja.

Perwakilan dari Nike itu juga mengatakan, makna atau representasi lain dari logo tersebut adalah hal yang tidak disengaja. Bukan kali ini saja Nike dikecam. Sebelumnya, Nike juga pernah dikritik karena hal serupa.

Pada tahun 1997, perusahaan itu jadi sorotan karena menggunakan logo berbentuk api yang juga menyerupai tulisan Allah. Karena diprotes, Nike menarik 38.000 pasang sepatu kets di seluruh dunia dan menyumbangkan US$50.000 (lebih dari Rp700 juta) ke sebuah sekolah dasar Islam di Amerika Serikat.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya