Cara Simpel Supaya Rambut Enggak Bercabang

Ilustrasi potong rambut
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA – Setiap wanita ingin rambutnya indah dan terawat. Ada banyak cara untuk membuat mahkota kepala terlihat memukau, di antaranya rajin melakukan perawatan, memilih produk rambut sesuai kebutuhan hingga mengubah gaya rambut.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Nah, supaya model rambut tetap oke, dianjurkan secara berkala merapikan ujung rambut yang mulai tumbuh tak beraturan. Memotong ujung rambut disebut trim. Selain menjaga kerapian, trimming juga berguna untuk menghindari rambut bercabang.

Ujung rambut adalah bagian rambut paling 'tua' yang rapuh dan rentan rusak. Makanya, bagian tersebut perlu diremajakan secara berkala, salah satu cara dengan melakukan trim.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk melakukan trim? Hair stylist Rendy Atmadja dari Salon Double Hair Studio berbagi tips waktu tepat untuk memotong rambut kepada VIVA, Kamis, 21 Februari 2019.

Rambut pendek

Selamat Tinggal Rambut Lepek! Berikut 7 Tips untuk Rambut Bervolume dan Sehat

Rambut pendek memang terlihat lebih praktis dibandingkan rambut panjang. Tidak memerlukan waktu lama untuk merawat rambut pendek, dari mulai mencuci hingga styling.

Memang, sih, secara keseluruhan rambut pendek lebih low maintenance. Tapi di sisi lain, rambut pendek lebih cepat terlihat berantakan.

Pemilik model rambut pixie atau bob disarankan lebih sering merapikannya. "Waktu terbaik (trim) itu 2-3 bulan untuk rambut bob, jika Anda ingin gaya bob terlihat selalu rapi," kata Rendy.

Rambut panjang

Pemilik rambut panjang perlu menyisihkan waktu lebih untuk merawat mahkotanya. Perlu perhatian dan kesabaran ekstra saat mencuci atau menata rambut panjang.

Tapi untungnya, Anda tidak perlu terlalu sering ke salon untuk memotong rambut. Trimming tetap diperlukan untuk mencegah rambut bercabang.

"Waktu terbaik memangkas atau memotong rambut panjang adalah 5-6 bulan sekali," ujar Rendy.  

Baik pada rambut pendek atau panjang, kesehatan rambut turut dipengaruhi oleh seberapa sering Anda melakukan trim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya