Kulit Kepala Pun Butuh Scrubbing, Ketahui Manfaatnya

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Perawatan kecantikan dengan scrubbing atau penggosokan dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit tidak kusam, kering, dan kotor. Selama ini, scrubbing biasanya dilakukan pada wajah dan tubuh, namun ternyata kulit kepala pun membutuhkan scrubbing.

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Hal tersebut dikatakan Amanda Indrawulan selaku Brand General Matrix Indonesia yang dijumpai dalam acara Biolage Media Luncheon Muslim Beauty Campaign di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Maret 2019.

Scrub untuk kulit kepala dibutuhkan, untuk membersihkan kotoran, mengangkat sel kulit mati dan mengusir ketombe. "Kalau untuk scrub itu memang cukup unik dan sangat dibutuhkan, kalau dicek pakai kamera, before after-nya pasti terlihat jelas, masih ada ketombe dan kotoran (sebelum scrubbing)," kata Amanda.

Memilih Minyak Rambut Terbaik: Panduan untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Lantas seberapa penting scrubbing kulit kepala? Menurut Amanda, setelah perawatan scrubbing tubuh dan wajah, scrubbing kulit kepala penting dilakukan, terutama bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan.

"Kalau sering keluar rumah, pasti rambut, kulit kepala kerap terpapar matahari, polusi, dan kotoran lainnya hingga menyebabkan ketombe. Nah nomor satu itu, scrub bermanfaat membersihkan kotoran, mengangkat ketiga masalah rambut tersebut, jika tidak cepat disingkirkan akan timbul masalah-masalah lainnya pada kulit kepala," tuturnya.

7 Dampak Keramas Setiap Hari, Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Rambut

Nah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala, frekuensi scrubbing bagian ini bisa dilakukan sama dengan luluran, baik di rumah atau salon kecantikan.  

"Mungkin saat awalan bisa dilakukan seminggu dua kali, atau sebulan dua kali. Kalau sudah rutin, ya sebulan sekali, sama seperti luluran," kata Amanda.

Adapun pusat-pusat kulit kepala yang bakal menjadi sasaran scrubbing  sekaligus dipijat, yakni di belakang kepala, bahu untuk relaksasi, area kening hingga samping kepala. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya