Kolaborasi Ria Miranda dengan Desainer Malaysia, Jovian Mandagie

Koleksi Jovian X Ria Miranda.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Permatasari

VIVA – Ria Miranda menjadi salah satu desainer modest wear terkemuka di Indonesia. Karya-karyanya juga banyak difavoritkan para pecinta fesyen, khususnya para hijabers.

Intip Koleksi Raya 2024, Bisa Tampil Kece Sekeluarga di Hari Lebaran

Kini, Ria membuat terobosan baru dengan melakukan kolaborasi bersama desainer kenamaan Malaysia, Jovian Mandagie. Karya Jovian juga memiliki banyak penggemar di negara asalnya. Karenanya, kolaborasi ini bisa menjadi pembuka jalan bagi Ria menembus pasar busana muslimah Malaysia.

Ria menuturkan, proses kolaborasi ini sudah dilakukan sejak enam bulan lalu. Kolaborasi ini menjadi yang pertama bagi Ria bekerja sama dengan desainer luar negeri, khususnya Malaysia.

Pasca Kasus Perselingkuhan, Jeje-Syahnaz Jadi Model Busana Syar'i

"Kolaborasi ini untuk koleksi Raya 2019 yang bertema Maroko. Desainnya terinspirasi dari bangunan dan ornamen-ornamen Maroko," kata Ria saat konferensi pers peluncuran koleksi Jovian X Ria Miranda di Rumah Maroko, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019.

Koleksi Jovian X Ria Miranda.

Outlet Perdana di FX Sudirman Tawarkan Busana Timeless untuk Wanita Modern

Gaya desain yang diangkat untuk koleksi kolaborasi ini adalah magribi. Koleksi yang dibuat berupa setelan berpotongan loose, kaftan dan dress. Sentuhan Maroko dituangkan di dalam motif. Warna-warna yang ditampilkan adalah warna-warna pastel seperti pink, baby blue, green mint dan lilac.

Menurut Jovian, dalam mewujudkan kolaborasi ini ada sejumlah tantangan yang mereka hadapi, yakni menyatukan style yang diminati pasar Malaysia dan Indonesia.

"Kulturnya jauh beda. Islamic fashion Indonesia lebih suka baju yang loose, seperti kaftan, yang gede siluetnya. Kalau Malaysia, suka baju yang ikut body, siluetnya ketat," kata Jovian.

Koleksi Jovian X Ria Miranda.

Akhirnya, mereka menyiasati desain koleksi kolaborasi mereka dengan cara menyatukan desain yang mereka buat masing-masing. Jovian mengatakan, mereka masing-masing mengeluarkan 10 desain. Kemudian desain-desain itu disesuaikan agar bisa masuk pasar Indonesia dan Malaysia.

Koleksi Jovian X Ria Miranda mulai tersedia di Indonesia tanggal 30 Maret 2019 nanti. Sedangkan di Malaysia, koleksi ini sudah mulai dijual sejak 15 Maret 2019 lalu. Kisaran harga untuk koleksi Jovian dan Ria adalah Rp600 ribu-Rp700 ribu untuk celana dan Rp1,5 juta untuk kaftan dan dress. Sementara untuk pasar Malaysia, harga 10 persen lebih mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya