Benarkah Perawatan di Klinik Kecantikan Bikin Ketergantungan?

Ilustrasi Perawatan Wajah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Memiliki kulit wajah yang sehat dan merona tentu menjadi impian semua wanita di dunia. Namun ternyata ada beberapa mitos tentang perawatan kulit yang berkembang dan dipercaya banyak wanita.

Mengenal Skin booster Seberapa Efektif Untuk Bikin Wajah Mulus dan Bercahaya?

Salah satunya, konon jika terus menerus melakukan perawatan kecantikan maka akan membuat kulit wajah menjadi tipis. Soal ini, dr. Dara Tyas dari ZAP Clinic mengatakan bahwa tidak semua perawatan akan membuat kulit menjadi tipis.

Namun dia mengaku memang ada perawatan tertentu yang membuat kulit makin tipis jika dilakukan terus menerus atau terlalu sering.

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Perawatan Tubuh dan Kecantikan Kian Diminati

"Ada beberapa perawatan kecantikan yang mengakibatkan kulit menjadi tipis dan sensitif, seperti exfoliating yang berlebihan tanpa pengawasan dokter," katanya kepada VIVA lewat sambungan telepon, Kamis, 4 April 2019.

Di samping itu, dia membantah bahwa perawatan kulit terutama wajah di klinik kecantikan bisa membuat ketergantungan dan jika berhenti maka kulit wajah akan bermasalah. Timbul jerawat atau kusam, misalnya.

Penumpang KAI Kelas Executive dan Luxury Kini Bisa Jajal Treatment Kecantikan

"Hal tersebut adalah mitos. Perawatan tidak membuat ketergantungan, karena untuk mendapatkan kulit yang sehat maka dibutuhkan tindakan atau perawatan sesuai kebutuhan kulit dan dilakukan berulang-ulang," tutur Dara.

Dia menjelaskan, perawatan rutin perlu dilakukan lantaran kulit mengalami perubahan, yang dipengaruhi tidak hanya faktor internal tapi juga eksternal, seperti polusi dan paparan sinar matahari. Jika perawatan hanya dilakukan sementara maka ketika kulit tak dirawat akan kembali seperti semula lantaran faktor-faktor buruk tersebut tidak mendapat penanganan khusus.

Dara pun menegaskan bahwa tidak selamanya untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik harus mengeluarkan banyak uang karena tak semua produk kecantikan mahal akan cocok di kulit kita.

"Produk perawatan kulit (bagus dan cocok dengan kulit) tidak tergantung dari mahal harganya, melainkan kandungan dari produk tersebut dan sesuai dengan kebutuhan jenis kulit kita," ucapnya.

Karena itu, Dara menyarankan sebelum membeli produk perawatan, ada baiknya mengenali kondisi kulit terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah masalah yang mungkin dialami setelah mengaplikasikan produk tersebut.   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya