Jangan Keramas Setiap Hari, Ini Efek Buruknya

Ilustrasi rambut/mengeringkan rambut/hairdryer.
Sumber :
  • dok. pexels

VIVA – Semenyegarkan atau senyaman apa pun rambut yang baru dicuci dan ditata, seringkali itu membutuhkan usaha yang memakan waktu dan tenaga.

Rambut Capek Sering Bikin Mood Jelek? Yuk Cek Ciri-cirinya!

Beberapa orang mungkin bisa bertahan tanpa mencuci rambut selama beberapa hari, tapi sebagian orang lainnya harus menguras sampo dan kondisioner setiap hari agar rambutnya tetap segar dan bercahaya.

Tapi, sebenarnya seberapa sering seharusnya kita mencuci rambut?

7 Dampak Keramas Setiap Hari, Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Rambut

Dilansir dari laman Mirror, Kamis, 18 April 2019, menurut penata rambut Julian Farel, tidak ada aturan tertentu mengenai kermasa dan kondisi serta jenis rambut setiap orang berbeda. Tapi ada beberapa orang yang harus membatasi keramas.

Farel mengklaim kalau rambut kita bisa jadi tidak terlalu lepek jika kita mengurangi seringnya penggunaan sampo.

Tampil Percaya Diri, Ini 5 Tips Merawat Rambut Keriting

"Jika Anda memakai sampo setiap hari, hal itu akan mengeringkan kulit kepala dari semua minyak alaminya dan bisa memicu rambut kering dan pecah-pecah," kata Farel.

Karenanya, dia merekomendasikan mencuci rambut Anda setiap dua atau tiga kali sehari, meskipun ada pengecualian akan hal ini.

Penata rambut selebriti, Paul Cucinello mengatakan bahwa jika rambut Anda sangat rusak karena banyak ditata dengan alat penata rambut bersuhu panas, Anda harus memberi perhatian ekstra dan mencucinya dengan sampo hanya sekali atau dua kali seminggu.

Hal yang sama berlaku untuk rambut kering, tapi Anda masih bisa memberikan kondisioner pada rambut tanpa perlu menggunakan sampo.

Jika Anda habis berolahraga dan khawatir dengan rambut yang basah oleh keringat, Anda bisa membilasnya hanya dengan air dan rambut akan masih tetap bersih.

Bagi Anda yang punya rambut lebih berminyak, bisa mencucinya dengan sampo di hari berikutnya, tapi jangan keramas dengan sampo setiap hari kecuali rambut Anda terlihat sangat lepek di sore harinya.

"Saat memberikan kondisioner, pastikan mengaplikasikan produknya hanya di bagian ujung rambut untuk menghindari bertambahnya masalah," ujar penata rambut, Jenny Cho.

Cobalah gunakan sampo yang dirancang untuk tipe rambut Anda, apakah itu sampo yang melembapkan untuk rambut kering, sampo untuk memperbaiki rambut rusak, atau sampo lembut untuk rambut yang diwarnai. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya