Berkilau dan Halus Jadi Ciri Rambut Sehat, Ini Rahasianya

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Rambut merupakan mahkota bagi setiap perempuan. Enggak heran perempuan bersedia mengeluarkan banyak uang dan waktu untuk memiliki rambut yang sehat. 

Cara Alami Supaya Rambut Uban Hitam Kembali ala Zaidul Akbar

Ada beberapa ciri rambut yang sehat. Diutarakan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Gloria Novelita, SpKK, rambut sehat adalah yang berkilau, permukaan halus, bagian ujungnya rata serta kuat. 

Terdengar seperti propaganda iklan? Nyatanya ada nilai medis di balik nilai kecantikan klasik tersebut. "Ini bukan definisi yang dibuat-buat karena beauty, tapi ada alasan medisnya," kata dia dalam acara Awas Bahaya Alat Styling Elips di Blue Jasmine Kebayoran Jakarta Selatan, Senin 22 April 2019. 

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Gloria menjelaskan mengapa setiap wanita yang memiliki rambut sehat selalu nampak berkilau. Hal ini lantaran, adanya sinar yang menerpa permukaan batang rambut. Sinar itu akan merefleksikan kembali ke mata orang yang melihat. 

"Kalau permukaannya rusak, maka refleksi sinar yang datang akan seragam sehingga tampilan rambutnya kusam," jelas dia. 

Kebotakan di Usia Muda Bikin Insecure? Ini 8 Cara Mencegahnya

Oleh karena itu, penting menjaga permukaan rambut untuk selalu rata. Tekstur yang tidak rata bisa meningkatkan risiko kerusakan rambut. Kutikula (lapisan pelindung rambut) yang memberikan proteksi utama pada batang rambut. 

"Jika (kutikula) terbuka, nanti bahan-bahan yang berpotensi merusak rambut akan lebih mudah merusak bagian korteks (lapisan tengah batang rambut yang terletak antara lapisan kutikula dan medulla)," jelasnya.

Dia menyebut ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Mulai dari penggunaan alat styling yang terlalu sering dan pada suhu yang tinggi, polusi udara, sinar matahari hingga stres. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya