Perawatan Tepat Cegah Kulit Kering Saat Berpuasa

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/422694

VIVA – Proteksi kulit selama bulan Ramadan adalah hal yang sudah seharusnya dilakukan untuk mencegah kondisi kulit kering. Dengan minimnya konsumsi air saat puasa di siang hari serta cuaca panas di Indonesia, akan semakin rentan mengalami kulit kering.

Efektif Cegah Kulit Kering, Formula Ini Ampuh Beri Kelembapan Maksimal

Dokter spesialis kulit dr Ika Anggraini spDV mengatakan, kendala menjaga hidrasi kulit pada saat Ramadan adalah karena perubahan pola asupan makanan, di mana biasanya tubuh dapat memperoleh asupan tanpa adanya batasan jam khusus. Namun, ketika Ramadan, tubuh tidak mendapat asupan dalam kurun waktu sekitar 13 jam.

Sementara itu, tubuh tetap bermetabolisme seperti biasanya, mengekskresikan cairan dari keringat dan buang air kecil. Akibatnya, asupan cairan yang kurang ketika sahur atau buka puasa bisa memberi efek kurang baik bagi tubuh.

Kesalahan Fatal! Semprot Parfum Terlalu Dekat Bikin Wangi Cepat Hilang, Ini Alasannya!

“Kulit yang kering akibat dehidrasi akan menyebabkan barrier kulit terganggu, sehingga bahan iritan ataupun bakteri lebih mudah masuk ke kulit," ujar Ika dalam temu media Bamed Skin Care di kawasan Gondangdia, Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019.

Dia menjelaskan, untuk mencegah kulit kering, maka asupan cairan harus cukup ketika sahur maupun berbuka puasa, yakni minimal 2 liter atau delapan gelas per hari. Direkomendasikan untuk minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan dua gelas ketika sahur.

Inilah Waktu yang Paling Tepat Pakai Pelembap untuk Atasi Kulit Kering

Selain minum yang cukup, juga disarankan mengonsumsi makanan berkuah atau yang banyak mengandung air. Misalnya, sayur seperti selada dan buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka dan jeruk. Tak cuma makanan, produk topikal juga penting diaplikasikan demi menjaga kelembapan kulit.

"Pemakaian sabun berpelembap, serta pelembap secara rutin dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Selain pelembap, kulit juga perlu serum serta face mist," kata dia.

Adapun pemilihan sabun cuci muka harus yang tidak memiliki detergen tinggi. Selain itu, kelembapan kulit lainnya yang harus diperhatikan adalah area bibir.

"Pelembap bibir juga penting. Karena kulit rentan kering akibat beberapa jam tidak minum air putih, hindari lipstik matte juga untuk mencegah pecah-pecah," ujar spesialis kulit dr. Conny Melly Rosdiana, SpKK. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya