Sering Alami Masalah Kaki Pecah-pecah? Kenali Penyebabnya

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat
Sumber :
  • Pexels/EVG photos

VIVA –Kaki merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan namun seringpula diabaikan perawatannya. Kebanyakan orang hanya fokus merawat kulit wajah dan tubuh. Padahal, kaki  butuh pula perawatan ekstra.

Kaki Anda Kapalan, Kering Hingga Pecah-pecah? Simak, Ini Dia Solusinya

Saat kaki tak pernah dirawat, seringkali timbul masalah kulit kaki pecah-pecah. Meskipun tidak memiliki efek samping yang serius, kondisi ini membuat penampilan kurang maksimal, bahkan tak jarang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Sayangnya, penderita kaki pecah-pecah sering mengabaikan kondisi ini. Padahal kulit telapak kaki yang pecah-pecah bisa berujung infeksi penyakit.

Gemes Banget, Ge Pamungkas Buka-bukaan Gemar Merawat Kulit: Muka Itu Termasuk Aset

Mengenai hal ini, dr Adinda FN, MD dari ZAP Clinic mengatakan ada banyak faktor yang menyebabkan kaki mudah pecah-pecah seperti iklim dan lainnya.

"Terjadinya pecah-pecah karena iklim yang dingin sehingga kelembabannya rendah. Bisa juga karena infeksi jamur, berdiri terlalu lama, berjalan tanpa alas kaki atau dengan sandal terbuka, dan bisa karena mandi terlalu lama dengan air panas," katanya saat berbincang dengan VIVA.

Nita Gunawan Ngaku Gak Pakai Bedak Buat Wajah Glowing: Cuma Pakai Sabun Rp30 Ribu

Selain itu, masalah kaki pecah-pecah juga bisa dipicu oleh ukuran sepatu yang tidak pas atau yang tidak mendukung tumit. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah. Salah satu yang bisa dilakukan, perwatan kaki secara intens di rumah.

"Anda dapat menyembuhkan kulit kaki yang pecah-pecah dengan pemakaian petroleum jelly pada telapak kaki satu kali sehari pada malam hari. Bisa juga menggunakan krim kaki yang mengandung asam salisilat, alfa hidroksi, sakarida isometric untuk melembabkan dan menghaluskan kulit," katanya.

Tak cuma itu, kaki juga perlu dilindungi dengan alas kaki yang tepat, yakni yang bisa memberikan perlindungan untuk tumit. Atau gunakan perban cair yang dapat digunakan untuk mengatasi iritasi yang lebih parah.  

"Gunakan juga sabun yang lembut dan ringan agar tidak menghilangkan kelembaban di area kaki," katanya. (mar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya