Kalau Mau Kuku Bebas Jamur, Lakukan Hal Ini

Ilustrasi gigit kuku
Sumber :
  • Pixabay/Pexel

VIVA – Kuku merupakan bagian dari tubuh yang kadang luput dari perawatan. Padahal, kuku yang sehat dan terawat ikut memengaruhi kesehatan dan penampilan Anda. Jika Anda abai merawat kesehatannya, dapat timbul berbagai penyakit seperti cantengan, rapuh hingga berjamur yang akan menghambat aktivitas dan kenyamanan.

6 Warna Kuku Sebagai Tanda Indikasi Masalah Kesehatan pada Tubuh

Tapi tampaknya kesadaran masyarakat untuk merawat kuku telah meningkat, terlihat dari banyaknya gerai perawatan dan kecantikan khusus kuku. Tidak semata memperindah tampilan kuku, di sana Anda juga bisa melakukan perawatan untuk kesehatan kuku.

Lantas perawatan seperti apa yang dibutuhkan oleh kuku?  

Bahaya Gelombang ke-3 COVID-19, Kolesterol Tinggi Terlihat dari Kuku

"Kalau kita ngomongin perawatan kuku itu ada banyak banget ya,  ada ingron nails, itu (ingron nails) seperti cantengan.  Dan kadang-kadang wanita dan pria suka tidak sadar bahwa kaki cantengan. Tiba-tiba timbul jamur di kuku mereka," kata Andina Narang selaku Co-Founder dari Kaleia Nails saat berbincang eksklusif dengan VIVA belum lama ini.

Andina mengatakan, banyak treatment yang ditawarkan salon dan spa khusus kuku agar tetap sehat.

Tanda Kolesterol Tinggi dan Jantung Bisa Terlihat dari Kuku

"Kalau ngomongin treatment itu banyak sekali,  karena kaki butuh rileks.  Sebab kaki kita pakai terus untuk berjalan," katanya.

Seperti Treatment manicure dan pedicure ditujukan agak kuku tangan dan kaki selalu terawat, sehat dan segar. Andina menerangkan ada pula treatment yang menawarkan pembersihan kutikula kuku, scrubing tangan dan kaki hingga spa kuku. Kuku akan diperlakukan istimewa dengan diberikan masker.

Sama dengan makhluk hidup lainnya,  kuku juga membutuhkan udara. "Kuku itu perlu bernafas, jika Anda memakai pakai kuteks terus menerus tanpa adanya perawatan, maka kuku tangan dan kaki bisa berjamur," katanya.

Jamur juga bakal mampir jika pemeliharaan kuku tidak bersih. Spot-spot jamur akan timbul karena lembap, seperti sering memakai sepatu tertutup seperti sepatu sneakers.

Sebaiknya melakukan perawatan kuku sedini mungkin. Andina menyebut, umur 17 tahun adalah waktu yang tepat untuk mulai menjaga kesehatan kuku dengan melakukan perawatan sebulan sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya