5 Kebiasaan Sepele yang Menjadikan Bibir Hitam

Ilustrasi mulut atau bibir wanita
Sumber :
  • Pixabay/Foundry

VIVA – Siapa sih, yang enggak kepingin punya bibir pinkish, merona sehat tanpa pulasan lipstik? Pada kenyataannya warna natural bibir berbeda-beda, mulai dari kemerahan, cokelat, hitam hingga pucat.

11 Penyebab Bibir Menghitam Selain Kopi dan Rokok

Warna natural bibir berbeda-beda karena bibir merupakan organ tubuh yang memiliki banyak pembuluh darah tapi tidak memiliki lapisan kelenjar minyak dan kelenjar keringat. Karena itulah, bibir rentan kering dan 'pecah-pecah' hingga memengaruhi rona alaminya. Hal itu dijelaskan lebih lanjut oleh dr. Agnes dari ZAP Clinic, saat dihubungi VIVA beberapa waktu lalu.

Selain itu, iritasi juga ikut memengaruhi warna bibir jadi lebih gelap. "Bibir yang berwarna merah memiliki pembuluh darah yang lebih banyak daripada yang lainnya. Dan jika iritasinya sedikit, warna bibirnya akan terlihat sedikit lebih cerah daripada yang sering mengalami iritasi," kata Agnes.

Dijamin Ampuh, 9 Tips Memerahkan Bibir yang Hitam

Selain iritasi, warna bibir yang gelap juga bisa disebabkan oleh gaya hidup, termasuk kebiasaan kita sehari-hari. dr Agnes memaparkan beberapa faktor yang membuat warna bibir menjadi gelap.

Pertama, terlalu sering mengonsumsi minuman panas atau minuman tinggi kafein, seperti kopi dan teh. Suhu minuman yang panas dapat merusak lapisan kulit bibir. Begitu juga dengan kafein, yang menyebabkan perubahan warna bibir dan gigi.

Rokok Membuat Bibir Hitam, Ini Alasannya!

Ilustrasi secangkir kopi.

Selanjutnya, kebiasaan merokok. Selain buruk untuk kesehatan, merokok bisa merusak penampilan. "Selanjutnya, jika Anda memiliki kebiasaan merokok. Rokok akan membakar kulit pada sekitar bibir, sehingga terjadi hiperpigmentasi yang dapat mengubah warna menjadi lebih gelap," lanjut Agnes.

Ketiga, kebiasaan yang kita lakukan tanpa disadari, yaitu menggigit bibir. Kebiasaan ini akan memicu luka yang berujung pada pigmentasi dan perubahan warna bibir jadi lebih gelap. Menggigit bibir juga akan membuat bibir kering.

Anda mungkin pernah dengar, scrubing baik untuk menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru. Scrubing juga bisa dipraktikkan untuk bibir, tapi jika terlalu sering, efeknya malah kurang bagus. Terlalu sering men-scrub bibir dapat menyebabkan iritasi dan luka yang menjadikan area bibir jadi lebih gelap.

Terakhir, kebiasaan yang sering dilakukan kaum Hawa membuat warna bibir jadi gelap. Hobi gonta ganti warna dan merek lipstik ternyata berpengaruh pada warna alami bibir. "Sebab ada kandungan lipstik yang mengiritasi bibir sehingga warnanya menjadi gelap," kata Agnes.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya