Ingin Nyaman Olahraga, Perhatikan Hal Ini Saat Pilih Pakaian

Ilustrasi wanita olahraga.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Olahraga beberapa tahun belakangan ini telah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Hal ini lantaran masyarakat perkotaan mulai sadar akan kesehatan mereka.

Peran Penting Pakaian Olahraga dalam Mendukung Performa dan Kenyamanan

Tidak mengherankan jika beberapa area olahraga seperti lapangan umum ramai dikunjungi terutama saat jam pulang kerja. Terkait dengan aktivitas olahraga, selain persiapan fisik, persiapan pakaian olahraga juga penting. Mengingat pakaian olahraga memiliki peran untuk meningkatkan performa seseorang.

Nah, ketika memilih pakaian olahraga maka perlu kiranya memperhatikan beberapa hal seperti disarankan Product Trainer Under Armour Southeast Asia, Syukri Azman berikut ini supaya olahraga menjadi nyaman.

Tips Olahraga yang Aman dan Efektif Saat Berpuasa

1. Ukuran harus pas

Menurut Syukri, penting untuk memilih pakaian yang pas. Itu lantaran ukuran pakaian dapat mempengaruhi performa seseorang dalam berolahraga.

Olahraga Aman Saat Puasa? Ini Tips Jitu dari Dokter Spesialis UI!

"Kebanyakan orang yang baru melakukan olahraga, mereka tidak pasti apa ukuran yang pas buat mereka. Sometimes banyak pakai baju yang longgar, padahal itu akan mempengaruhi performa kamu," kata dia kepada VIVA saat ditemui dalam konferensi pers Under Armour di Hard Rock Cafe SCBD, Kamis, 27 Juni 2019.

2. Teknologi yang digunakan

Teknologi yang digunakan dalam produk itu juga dapat mempengaruhi performa seseorang dalam berolahraga. Bukan hanya itu saja, teknologi canggih yang digunakan dalam membuat pakaian olahraga ternyata juga bisa membuat seseorang menjadi lebih nyaman dalam berolahraga.

"Sebagai contoh, ketika diberikan baju yang tidak nyaman maka saat berkeringat, pakaian jadi terlihat (dalamannya) ini bisa mempengaruhi performa kamu. (Bisa membuat tidak nyaman atau bisa membuat masuk angin), kami menggunakan bahan dengan teknologi yang bisa lima kali lebih cepat kering dibanding yang lain," tutur dia.

Baju olahraga Rush and Recovery dari Under Armor

3. Sepatu

Sebagai tambahan, selain pakaian, sepatu juga menjadi item penting saat berolahraga. Saat memilih sepatu, yang perlu diperhatikan adalah bantalan sepatu karena dapat mempengaruhi performa kita.

"Kalau bantalan sepatu terlalu lembut kita gunakan saat berlari akan membuat kita nyaman tapi kalau digunakan di gym akan menyebabkan rasa sakit karena ketika kaki kita less support. Kalau training pakai bantalan yang agak keras," kata dia.

Dia menjelaskan, masalah yang mungkin bisa terjadi ketika salah memilih sepatu bisa berpengaruh pada ankle, hingga pada lutut.

"Kalau dulu orang selalu bilang suka sakit kakinya saat lari, itu karena jarang olahraga. Tapi bukan itu saja, pemilihan sepatu juga berperan penting. Penting untuk selalu lihat bantalannya. Bantalan sepatu keras, itu untuk training, sedangkan yang lembut itu untuk lari," kata dia. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya