Ternyata, Cuci Rambut Pakai Sampo Tak Harus Tiap Hari

Ilustrasi wanita cuci rambut.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Banyak orang menganggap menggunakan sampo tiap hari akan menjaga rambutnya tetap bersih. Tapi, tidak semua jenis rambut harus dicuci menggunakan sampo tiap hari. 

Mitos dan Fakta Mengenai Rambut: Uban, Stres dan Genetik

Ahli penata rambut, Barney Martin dikutip dari laman The Sun, Minggu 30 Juni 2019 mengatakan, mencuci rambut dengan sampo tiap hari justru membuatnya kering dan kusut. Ia memberi beberapa tip kapan sebaiknya rambut dicuci dengan sampo sesuai jenis rambutnya. 

1. Kulit berminyak

Memilih Minyak Rambut Terbaik: Panduan untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Seorang yang memiliki kulit berminyak juga cenderung memiliki rambut yang berminyak. Barney merekomendasikan keramas setiap hari dan membilas rambut dengan air pada hari-hari, diikuti dengan sampo kering. Mencuci rambut setiap hari menghilangkan minyak alami rambut, dan bukan merupakan solusi yang baik.

2. Rambut tebal dan keriting

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Seorang yang memiliki rambut tebal, kasar atau keriting, sebaiknya mencuci rambut dengan sampo setiap tiga hari sekali. Ini karena pangkal rambut akan cenderung lebih keropos, yang artinya bisa mengalami dehidrasi jika mencuci terlalu banyak. Sekali lagi, bilas tanpa sampo di hari lain, dan pastikan menggunakan kondisioner untuk menghentikan pangkal rambut mengering.

3. Rambut lurus

Rambut halus bisa menjadi lemas jika seorang tidak cukup mencucinya, tetapi setiap hari seharusnya masih baik-baik saja. Bilas dengan air pada hari-hari di antara itu, untuk menghilangkan kelebihan minyak pada kulit kepala.

4. Gym Bunnies

Rambut dengan tipe Gym Bunnies disarankan untuk tidak mencuci rambu setiap hari, bahkan jika telah berolahraga. Bilas dengan air dan sampo kering setelah gym harusnya membantu.

Satu-satunya pengecualian adalah perenang. Penting untuk mengeluarkan klorin atau air garam dari rambut secepatnya, dan Barney merekomendasikan dengan menggunakan sampo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya