5 Cara Alami Mengatasi Telapak Kaki Kering dan Pecah-pecah

Ilustrasi kaki pecah-pecah.
Sumber :
  • Freepik/schantalao

VIVA – Tidak selamanya, telapak atau kulit kaki kering dan pecah-pecah bisa disembunyikan dengan kaus kaki atau sepatu. Ada kalanya harus mengenakan sepasang heels cantik dengan bagian depan dan belakang terbuka. Atau, ada kalanya Anda ingin mengenakan rok mini dan sepasang heels.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Bagaimana cara merawat kaki pecah dan kering agar bisa berjalan dengan percaya diri, karena memiliki kaki mulus dan bersih? Dilansir Panda Gossips, Minggu, 30 Juni 2019, berikut lima tips merawat kaki agar bebas pecah-pecah dan kulit kering dengan bahan alami.

1. Pelembap

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Terkadang orang lupa menggunakan pelembap di bagian kaki, mengabaikan kulit kering dan gatal, serta memilih menutupinya. Tapi kulit yang sudah terlanjur pecah-pecah dan kering butuh lebih dari sekadar pelembap. Gunakan shea butter untuk mengembalikan kelembapan alami kulit. Pastikan memilih shea butter yang kaya vitamin A, yang baik untuk merawat keriput, eksim dan infeksi kulit.

2. Scrub kaki

Jalan Kaki Jadi Olahraga Terbaik bagi Penderita Asam Urat, Lakukan 30 Menit Sehari

Pelembap terkadang bukanlah akhir dari perawatan untuk mengembalikan kelembapan alami kulit. Dan, proses pengelupasan bisa jadi alternatif perawatan untuk kaki pecah-pecah. Proses pengelupasan bisa menyembuhkan rasa gatal dan melembutkan bagian atas serta bawah dari kaki.

Bahan berpori bertindak sebagai scrub untuk mempermudah pengelupasan kulit mati dan kapalan. Kemudian, gunakan batu apung saat proses pengelupasan. Tapi hati-hati, jangan terlalu keras menggosok kulit .

3. Garam epsom

Garam epsom merupakan bahan menakjubkan yang bermanfaat bagi kulit. Terlepas dari manfaatnya bagi tubuh, mineral ini juga baik untuk kaki pecah-pecah dan kering jika digunakan untuk merendam kaki. Rendam kaki selama 15 menit di dalam dua cangkir garam epsom dan air hangat.

Kemudian, gosok bagian atas dan bawah kaki dengan batu apung. Ini akan membuang kulit mati dan melembutkan kapalan. Jika tak ingin merendam kaki, bisa juga mandi seperti biasa dan biarkan kandungan garamnya menyerap  ke seluruh tubuh.

4. Gunakan minyak

Minyak, baik itu minyak kelapa atau wijen bisa melembapkan dan meredakan rasa gatal, serta kulit kering. Minyak akan melembutkan kulit yang kasar dan melembapkan kulit. Kalau pelembap umumnya cepat kering di kulit, minyak lebih baik dalam memberi kelembapan dan membuat kulit lebih lembut dalam waktu lama.

5. Masker kaki

Masker kaki lebih intensif untuk penggunaan sesekali dan jika merasa kulit sedikit kering. Sama seperti masker pada wajah, bentuknya yang berupa lembaran serta cairan di dalamnya bisa digunakan melembapkan bagian atas dan bawah pada kaki. Gunakan hingga masker mengelupas dan kulit mati ikut terkelupas.

Satu hal yang perlu diingat, saat menggunakan masker kaki, jangan melakukan scrubbing atau pengelupasan pada kulit, karena kulit belum siap untuk terlepas yang akhirnya membuat kaki lebih teriritasi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya