Kebaya Karya Anne Avantie Jadi Seragam Baru Pramugari Garuda Indonesia

Pramugari Garuda Indonesia kenakan Kebaya Pertiwi karya Anne Avantie.
Sumber :
  • Instagram @anneavantieheart

VIVA – Ingin memantapkan eksistensinya di industri fesyen Tanah Air, desainer kebaya, Anne Avantie baru saja mencuri perhatian dengan memamerkan koleksi kebaya terbarunya yang 'tak biasa'.

Anggun Berkebaya, 100 Perempuan Indonesia Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung Kembang

Koleksi terbaru kebaya Anne diunggah langsung di akun Instagram pribadinya, @anneavantieheart, Rabu, 3 Juli 2019. Dalam foto tersebut, terlihat lima orang pramugari Garuda Indonesia mengenakan kebaya rancangan Anne yang dinamakan Kebaya Pertiwi. Mereka berpose di depan pesawat terbang milik perusahaan pelat merah tersebut.

Koleksi Kebaya Pertiwi ini menjadi hadiah yang Anne persembahkan untuk Indonesia dalam rangka peringatan 30 tahun ia berkarya untuk Tanah Air. Kepada VIVA, Anne membeberkan bahwa dirinya didapuk langsung oleh pihak maskapai untuk membuat seragam yang bertemakan Ibu Pertiwi.

Puncak Hari Film Nasional, Motor Dilan Hingga Kostum Pemain Mejeng di Sarinah

"Kami bersama-sama mengangkat kebaya Nasional sebagai sebuah pijakan. Setinggi dan sehebat apa pun kita terbang, pijakannya tetap bumi. Bumi kita pertiwi, jadi dinamai Kebaya Pertiwi. Kami sepakat mengangkat kebaya Nasional, karena memiliki pesan kuat yang sesuai dengan visi misi kami," kata Anne saat dihubungi lewat sambungan telepon, Rabu, 3 Juli 2019.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Untuk menciptakan busana anggun khas Indonesia itu, ia memilih kebaya bersiluet Kartini dengan warna-warna lembut, yakni pink soft. Tak hanya itu, Anne memadukan kebaya dengan kain batik yang mempercantik tampilan para pramugari, lengkap dengan obi di bagian pinggang serta aksesori bros.

"Setelah bertemu pihak maskapai, saya langsung berpikir mendesain kebaya dengan warna soft karena secara filosofis pelayanan dengan penuh kelembutan. Saya tidak mengajukan biru seperti warna maskapai karena konotasinya langsung pria. Jadi saya buat agak nge-pink," katanya.

Material brokat klasik, serta motif bordir kembang setaman dan batik klitik boketan dipilih karena mengandung pesan moral yang dalam.

"Kembang setaman ini diharapkan dapat menjadi doa spiritual supaya Garuda Indonesia selalu mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia. Sementara motif batik klitik boketan menggambarkan kewibawaan yang bersanding dengan kelembutan," ucap Anne.

Lantas, apakah kelak seluruh pramugari maskapai tersebut akan mengenakan kebaya rancangan Anne?

"Kebaya ini digunakan hanya untuk penerbangan-penerbangan tertentu saja. Seperti misalnya saat melayani flight tamu-tamu domestik atau internasional yang ingin mengangkat konten lokal. Dan nanti 17 Agustus saya ada kejutan lagi," ujarnya. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya