10 Mitos Perawatan Kulit yang Menyesatkan

Ilustrasi wanita/merawat kulit/skincare.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Merawat kulit memang sangat penting, apalagi kulit wajah. Untuk itu, Anda tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Jika tidak, kulit Anda bisa saja berjerawat, alergi, hingga menimbulkan peradangan yang sulit disembuhkan.

Untuk Perawatan Kulit, Chaty Sharon: Makeup dan Skincare Harus Saling Mendukung

Banyak mitos seputar perawatan kulit yang berkembang di masyarakat dan Anda tidak boleh memercayainya begitu saja. Seperti 10 mitos tentang perawatan kulit berikut, dilansir dari Boldsky, Jumat, 5 Juli 2019.

1. Makeup menyebabkan jerawat

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

Riasan wajah tidak menyebabkan jerawat. Yang menyebabkan jerawat adalah ketika Anda menggunakan produk makeup yang salah dan kedaluwarsa. Jika Anda rutin menggunakan makeup, pilihlah produk yang sesuai dan periksa tanggal kedaluwarsa produk. Dan yang terpenting, bersihkan makeup sebelum tidur.

2. Sering mencuci wajah mencegah jerawat

Semangat Rayakan Masa Terbaik dan Momentum Cantiknya Perempuan Indonesia

Sering mencuci wajah dapat menghilangkan minyak alami kulit. Yang pada akhirnya malah menyebabkan produksi minyak atau sebum berlebih. Ini mungkin akan menyebabkan lebih banyak jerawat daripada mencegahnya.

3. Memencet jerawat akan menghilangkan jerawat

Jangan pernah memencet jerawat. Memencet jerawat akan menyebarkan infeksi dan memperburuk jerawat Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah, membiarkannya hingga sembuh sendiri.

4. Pakai tabir surya saat ada matahari saja

Tabir surya adalah bagian penting dari perawatan kulit. Anda membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya dan Anda tidak boleh melewatkannya, meski sedang hujan sekali pun.

5, SPF lebih tinggi dapat melindungi kulit

Meskipun SPF yang lebih tinggi bermanfaat, tapi ini tidak wajib. Tabir surya Anda minimal harus mengandung SPF 15 dan bahan-bahan seperti, ecamsule atau oxybenzone untuk perlindungan lengkap.

6. Produk mahal bekerja lebih baik

Ini tidak benar. Belilah produk yang tepat untuk kulit Anda, tetapi tidak perlu mahal. Produk mahal memang lebih lembut di kulit, namun belum tentu berfungsi jika tidak cocok di kulit Anda.

7. Scrubbing setiap hari menyehatkan kulit

Tidak benar. Melakukannya setiap hari dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda, di antaranya kulit menjadi kasar dan menghilangkan minyak alami kulit. Pengelupasan kulit hanya diperlukan seminggu sekali.

8. Minum banyak air dapat melembapkan kulit

Minum banyak air memang baik untuk kulit, tetapi tidak bisa menjaga kulit Anda tetap lembap. Untuk melembapkan kulit, selain minum air yang cukup, Anda perlu menggunakan losion pelembap secara teratur.

9. Flek hitam berhubungan dengan penuaan

Ini tidak selalu benar. Paparan sinar matahari berlebih juga dapat menimbulkan flek hitam.

10. Krim anti penuaan mencegah keriput

Sebagian besar krim yang tersedia di pasaran mengklaim dapat mencegah penuaan kulit, tetapi tidak bekerja secara efisien. Krim ini hanya melembapkan kulit dan membantu mengurangi kerutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya