Pentingnya Kenali Jenis Kulit dan Perawatannya

Ilustrasi wanita/merawat kulit/skincare.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Mengetahui tipe kulit merupakan faktor penting untuk menentukan perawatan wajah seperti apa yang akan dipilih. Karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan dan membeli produk kecantikan, penting untuk mengetahui terlebih dahulu jenis kulit Anda.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Anda dapat menganalisa jenis kulit sendiri yakni dengan bercermin kemudian melihat kondisi pori-pori. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Dr. Dara Ayuningtyas dari ZAP Clinic saat berbincang dengan VIVA, Senin 8 Juli 2019.

Yang pertama, perhatikan jika pori-pori kulit Anda terlihat besar dan permukaan wajah tampak seperti kulit jeruk. Jika seperti ini, tandanya Anda memiliki jenis kulit berminyak.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Sebaliknya, jika kulit wajah Anda tidak memiliki pori-pori, maka bisa dikatakan Anda berkulit kering. Dan apabila pori-pori lebih besar di daerah T-Zone tapi tidak tampak di pipi, kulit tersebut digolongkan sebagai jenis kulit kombinasi.

"Klasifikasi kulit berminyak ini memiliki ciri-ciri antara lain permukaannya tampak seperti kulit jeruk,  pori-porinya lebar dan terbuka. Serta dapat dilihat di bagian wajah manapun, bukan hanya hidung," kata Dara.

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, Anda bisa melakukan beberapa treatment di antaranya, face toning.  Treatment ini berfungsi dapat mengurangi minyak berlebih yang menyebabkan timbulnya jerawat dan face toning mampu mengurangi hiperpigmentasi kulit.

Sedangkan Anda yang memiliki jenis kulit kering memang tidak perlu memusingkan penampakkan pori-pori. Namun harus diwaspadai timbulnya kerutan dan kekusaman.

"Kulit kering juga sering sensitif sehingga mudah teriritasi saat musim dingin ketika kurang pelembap," katanya.

"Anda yang memiliki kulit kering bisa melakukan perawatan Rejuvenation, di mana treatment ini mampu merangsang kolagen, membuat lebih lembap dan lebih kenyal."

Selain itu dapat pula melakukan treatment oxy infusion. Treatment ini mampu membersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran yang membuat kulit wajah menjadi kusam.

Berikutnya, jenis kulit kombinasi. Biasanya memiliki ciri-ciri berminyak di bagian T-Zone namun kering di area pipi. Untuk menambah kompleks di wajah, Anda disarankan untuk menambahkan minyak dan membuatnya kering di saat yang bersamaan.

Dan yang terakhir adalah kulit normal, tidak memiliki masalah tertentu. Namun bukan berarti bisa sembarangan merawatnya.

Ada beberapa perawatan yang harus dilakukan jika Anda memiliki kulit normal. "Di malam hari penting selalu membersihkan, menggunakan serum dan krim malam agar tetap sehat. Jika memiliki kulit kombinasi dan normal,  Anda bisa melakukan treatment ZAP photo facial glow," katanya.

Treatment tersebut berfungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebihan, mengurangi hiperpigmentasi di bagian atas, mengurangi jerawat dan peradangan kulit wajah,  dan melembabkan kulit menjadi lebih kenyal dan cerah.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya