Suka Pakai Gel Rambut? Waspadai Efek Sampingnya

Ilustrasi gaya rambut pria.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Gel rambut dianggap sebagai solusi terbaik bagi pria untuk menata rambutnya yang sulit diatur. Selain itu, menggunakan gel rambut juga bisa membuat Anda terlihat lebih rapi dan lebih percaya diri.

Sering Dilakukan, Ini Penyebab Kerusakan Rambut yang Tak Disadari

Tetapi sebaiknya, jangan sering-sering menggunakan gel rambut. Karena meski bermanfaat, gel rambut memiliki beberapa efek samping yang harus Anda waspadai. Dilansir dari Boldsky, Minggu, 14 Juli 2019, berikut enam efek samping penggunaan gel rambut yang patut Anda pertimbangkan jika ingin menggunakannya kembali.

1. Rambut rontok

Mengenal Transplantasi Rambut, dari Jenis hingga Bahayanya

Penggunaan gel rambut yang berlebihan dan terus-menerus dapat membuat akar rambut menjadi lemah. Hal ini akan menyebabkan kerontokan dan menghambat pertumbuhan rambut, sehingga merusak rambut Anda. Tidak hanya itu, gel rambut juga dapat membuat kulit kepala jadi kering dan membuat rambut Anda kasar serta rapuh.

2. Perubahan warna

VIDEO: Obat Alami Ini Ampuh Atasi Diare Hingga Rambut Rontok

Gel rambut dapat memengaruhi warna rambut Anda. Gel rambut dapat mengganggu keseimbangan pH kulit kepala Anda, dan bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan warna alami rambut Anda memudar, dengan demikian menyebabkan perubahan warna rambut.

3. Rambut kering

Gel rambut mengandung alkohol dan bahan kimia keras lainnya yang dapat menghilangkan kelembapan rambut, sehingga membuat rambut Anda kering dan dehidrasi. Selain itu, menggunakan gel rambut berlebihan juga dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan bersisik, serta membuat rambut Anda kasar dan nampak keriting.

4. Ketombe

Kulit kepala yang dehidrasi dapat menyebabkan banyak masalah rambut, salah satunya ketombe. Penggunaan gel rambut yang berlebihan dapat membuat kulit kepala Anda kering, yang pada akhirnya menyebabkan ketombe. Selain itu, gel rambut dapat membuat kulit kepala Anda rentan terhadap kerusakan dan serangan bakteri, yang menjadi salah satu penyebab utama ketombe.

5. Rambut bercabang

Rambut yang kering, rusak, kasar dan rapuh, rentan menyebabkan ujung rambut jadi bercabang. Gel rambut dapat menghalangi nutrisi ke kulit kepala dan menghilangkan kelembapan di kulit kepala. Dengan demikian, dapat membuat rambut Anda rentan yang pada akhirnya menyebabkan rambut Anda jadi bercabang.

6. Mengubah tekstur rambut

Menggunakan gel rambut dapat mengurangi produksi sebum di kulit kepala, dan lama-kelamaan akan membuat rambut Anda 'tak bernyawa' dan keriting. Jika Anda sering menggunakan gel rambut, Anda akan melihat perubahan tekstur pada rambut Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya