Ada di Indonesia, 4 Bunga Ini Sering Jadi Bahan Baku Kosmetik

Bunga Dafodil
Sumber :
  • Instagram/@Nature Worldwide

VIVA – Tak hanya aroma dan warnanya yang memikat, ternyata bunga juga menyimpan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Maka tak heran, jika banyak industri kecantikan yang memanfaatkan ekstrak bunga untuk bahan dasar berbagai kosmetik.

3 Trik Riasan Simple Ziva Magnolya, Tampilan Segar Alami Tanpa Dempul

Biasanya, ekstrak bunga digunakan dalam pembuatan parfum, body mist, toner, cleanser, moisturizer, masker, dan masih banyak lagi, sehingga produk-produk tersebut memiliki aroma bunga yang menyegarkan.

Brand Manager Mamonde Indonesia, Melati Ubaya, menjelaskan bahwa dirinya meyakini bahwa berbagai jenis bunga memiliki keunggulannya masing-masing bagi kulit. Dan umumnya bisa ditemukan di rangkaian varian produk skincare hingga kosmetik.

Industri Kecantikan Meningkat Drastis di Tengah Pandemi COVID-19

"Kami percaya bunga tidak hanya memesona, tapi juga punya vitalitas dan manfaat tersembunyi untuk kulit," ujarnya saat ditemui VIVA dalam peluncuran produk perawatan kecantikan Mamonde, di kawasan Pakubuwono Jakarta, 18 Juli 2019.

Lalu, jenis bunga apa saja yang bisa digunakan untuk bahan dasar kosmetik? Menurut Melati Ubaya, sebenarnya ada puluhan spesies bunga yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar kosmetik, tetapi hanya ada 4 bunga ini yang ada di Indonesia.

Miliki Mitra Ibu Rumah Tangga Terbanyak, MS Glow Raih Rekor MURI

Bulgarian damask rose

Terkenal dengan manfaat hidrasi dan relaksasi, jenis mawar ini sangat digemari karena aromanya yang mahal dan elegan. Apalagi, ekstrak murni dari bunga ini memiliki kadar pelembap yang jauh lebih tinggi dari air biasa, sehingga membuatnya ideal untuk mempertahankan kelembapan semua jenis kulit.

Honeysuckle

Ekstrak bunga ini akan difermentasi sepanjang tahun untuk mempertahankan kadar antioksidannya dan meningkatkan efeknya untuk menjaga kulit lebih kencang dan sehat. Bunga ini cocok untuk semua jenis kulit.

Narcissus

Ekstrak bunga ini mampu menyerap lebih jauh ke dalam kulit sehingga dapat memberikan kelembapan lebih intens yang menjadikannya paling ideal untuk jenis kulit kering.

Bitter orange

Bunga ini memiliki efek menenangkan pikiran dan tubuh karena aromanya yang intens dan manis. Bunga bitter orange telah lama digunakan untuk aromaterapi dan memberikan efek revitalisasi tubuh dan pikiran. Cocok untuk masalah kulit kering dan kusam, karena memiliki efek meremajakan dan mencerahkan kulit. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya