Muslimah Finalis Miss England Tolak Pakai Bikini di Sebuah Kontes

Aysha Khan
Sumber :
  • Facebook/Aysha Khan Miss England Finalist 2019

VIVA – Seorang ratu kecantikan beragama Islam, yang merupakan finalis Miss England, melanggar aturan kontes dengan mengirimkan foto dirinya menggunakan pakaian selam untuk sesi baju renang yang menjadi bagian dari kompetisi ini.

Ternyata Ini Alasan Rumy Al Qahtani Ikut Miss Universe 2024 Wakili Arab Saudi

Perempuan bernama Aysha Khan ini rupanya lolos ke babak 20 besar.

Aysha Khan, 21 tahun, yang berasal dari Blackburn, Lancashire, merupakan satu-satunya kontestan dari total 49 peserta yang memilih menutupi seluruh tubuhnya untuk sesi Miss Beach Beauty.

Kronologi Miss Jepang 2024 Mengundurkan Diri Usai Selingkuh dengan Pria Beristri

Ronde ini merupakan pengganti untuk parade baju renang yang pernah dilarang pada 2010. Pemenangnya diberikan hadiah perjalanan ke Mauritius dan masuk ke dalam 20 besar Miss England.

Menurut Khan yang beragama Islam, ia tidak ingin mengirimkan foto dengan bikini, tetapi masih ingin berpartisipasi. Jadi, dia lebih memilih menggunakan pakaian renangnya yang unik. 

Miss Jepang Kelahiran Ukraina Lepaskan Mahkotanya Gara-gara Isu Selingkuh dengan Pria Beristri

"Saya tidak mengikuti babak ini untuk menang, tetapi hanya mengambil bagian dan menunjukkan pandangan saya tentang pakaian renang," kata Aysha.

Khan juga mengatakan, dia ingin tetap setia pada diri dan latar belakangnya. Dia ingin menunjukkan pandangan berbeda tentang pakaian renang, bahwa tidak harus memakai bikini untuk pergi ke pantai. 

"Saya tak berpakaian terbuka, karena itu yang membuatku nyaman. Pemberdayaan adalah sebuah perasaan personal dan tidak pakai bikini, bukan berarti saya tidak percaya diri dengan tubuh saya. Saya tidak pakai bikini, karena agama saya melarangnya," kata Aysha Khan kepada The Sun.

Pada 1 Agustus mendatang, Khan akan berkompetisi di final Miss England di Newcastle, sebuah kesempatan yang katanya dapat mendorong wanita untuk mengekspresikan diri dengan cara mereka sendiri.

Khan menulis dan menjelaskan di Facebook tentang kontes ini dan bagaimana dia sampai sejauh ini dengan caranya yang sederhana.

"Miss England mendorong wanita untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara sendiri dan mempromosikan ide untuk merasa percaya diri dengan cara yang paling sesuai dengan anda."

Pada April lalu, Halima Aden membuat sejarah dengan menjadi model pertama yang ditampilkan dalam edisi pakaian renang Sport Illustrated dengan mengenakan hijab dan burkini. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya