Cara Irit Tampil Cantik, Begini Triknya

Ilustrasi make-up.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Secara tidak sadar, banyak wanita yang menghamburkan banyak uang demi tampil cantik. Coba hitung, berapa uang yang harus Anda keluarkan setiap bulan untuk membeli skin care, make-up, hingga parfum. Semua, tentu memerlukan dana yang tidak sedikit.

Untuk Perawatan Kulit, Chaty Sharon: Makeup dan Skincare Harus Saling Mendukung

Padahal sebenarnya, semua itu masih bisa diminimalisir jika Anda pandai menyiasatinya. Dikutip dari Buku Saku Ibu Bijak, Rabu 24 Juli 2019, berikut tips tetap cantik walaupun dengan dana yang minimal, bahkan Anda masih bisa menabung lho.

Buat list terpenting

Arab Saudi Perdana Ikut Miss Universe 2024, Netizen: Kiamat Semakin Dekat

Tentukan mana kosmetik yang paling penting dan benar-benar tidak bisa dihilangkan. Cek ulang, apakah harus memakai merek tertentu atau bisa diganti dengan merek yang lebih murah dengan fungsi sama. Buang yang tidak terlalu penting, atau dua produk yang memiliki fungsi yang sama.

Pilih produk multifungsi

Bolehkah Berwudhu Ketika Memakai Make Up dan Softlens? Begini Penjelasan Buya Yahya

Untuk sehari-hari, pilihlah produk multifungsi seperti BB cream atau cushion yang sudah mengandung foundation dan tabir surya dalam satu produk sekaligus. Atau memakai eyeshadow dan lipstik sebagai pengganti blush on, serta eyeshadow warna gelap yang bisa dipakai sebagai pengganti pensil alis dan eyeliner. Selain menghemat pengeluaran, produk multifungsi juga mudah dibawa ke mana-mana.

Manfaatkan sampel
Jangan ragu untuk meminta sampel produk sebelum membeli sesuatu terutama skin care. Dari sampel akan terlihat apakah produk tersebut cocok buat kulit Anda atau tidak. Baru setelah itu membeli dalam ukuran besar agar tak rugi dan membuang uang jika ternyata tidak sesuai dengan kulit kita.

Jangan mudah tergoda rayuan iklan
Tentu saja semua brand akan membanggakan produk mereka. Namun, perlu diingat bahwa yang tampil di iklan adalah model, dan produk tersebut belum tentu cocok buat kita.

Alokasikan dana khusus
Setelah membuat list yang harus dibeli dan mana yang tidak, buatlah alokasi dana khusus sesuai kebutuhan. Jangan membelanjakan lebih dari dana yang disiapkan setiap bulan. Dengan demikian, kondisi keuangan akan lebih tertata. Dan enaknya lagi, enggak ada kosmetik yang terbuang sia-sia karena tak pernah digunakan. (nda)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya