Kondisi Udara Jakarta Memburuk, Lindungi Kulit dengan 9 Cara Ini

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Jakarta menjadi kota dengan polusi udara terburuk di dunia versi AirVisual pagi ini, Senin, 29 Juli 2019. Jakarta menempati peringkat teratas dengan kondisi udara tidak sehat.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Dilansir dari halaman AirVisual pada pukul 09.40 WIB. Air Quality Index (AQI) Jakarta berada di angka 181. Artinya, kualitas udara di Jakarta hari ini tidaklah sehat.

Dampak polusi udara tentu sangat merugikan kulit wajah kita, seperti ruam, jerawat, eksim, kulit kering, bintik hitam dan penuaan dini menjadi masalah yang bisa terjadi ketika wajah terpapar polusi.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Berikut beberapa perawatan yang ampuh menjaga kesehatan kulit yang disampaikan dr. Dewi Anggraini, SpKK dari Skin N Co saat berbincang dengan VIVA lewat sambungan telepon, Senin,  29 Juli 2019.

1. Lindungi kulit wajah dengan pelembap yang mengandung antioksidan dan juga suncsreen atau tabir surya. Untuk pemakaian sunscreen diulang setiap 3-4 jam saat beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam ruangan yang terkena cahaya matahari.

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

2. Lindungi kulit dengan menggunakan masker atau scarf bila banyak asap dan debu.

3. Bersihkan wajah 2-3 kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut.

4. Penggunaan water spray juga membantu kulit untuk lebih bersih, segar, dan menenangkan iritasi dan kemerahan kulit.

5. Lakukan eksfoliasi teratur untuk membersihkan pori-pori dari kotoran dan kulit mati.

"Eksfoliasi bisa dengan scrub 1-2 kali seminggu atau masker. Bisa juga dengan facial, peeling, mikrodermabrasi, laser dan lainnya satu bulan sekali," kata Dewi.

6. Minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi, memperbaiki pergantian kulit baru,dan memperbaiki kerja kolagen.

7. Konsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan yang kaya antioksidan, vitamin dan mineral untuk mendetoksifikasi radikal bebas dari polusi dan sinar matahari.

8. Apabila makanan tidak cukup, Anda bisa menambahkannya dengan mengonsumsi suplemen kulit yang kaya antioksidan.

9. Dewi juga menambahkan, untuk mengatasi masalah kulit yang Anda alami karena polusi udara,  sebaiknya Anda menggunakan serum dan krim malam untuk memperbaiki kondisi kulit.

“Misalnya yang mengandung antioksidan, yang merangsang eksfoliasi dan pertumbuhan kolagen baru seperti AHA, BHA dan tretinoin. Juga peptide dan hyaluronic acid untuk mengatasi kerutan kulit, dan whitening agent untuk gangguan pigmentasi," katanya. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya